Merawat Kulit Wajah Tak Perlu Susah, Yuk Simak Tips dari Carina Agatha

Beauty04 August 2021

By Shela Dhamayanti

Merawat Kulit Wajah Tak Perlu Susah, Yuk Simak Tips dari Carina Agatha

Carina Agatha membagikan tips untuk merawat kulit wajah.


Menjaga kesehatan wajah merupakan hal yang penting, terutama bagi kalian yang tinggal di ibu kota Jakarta yang tercatat sebagai kota dengan kualitas udara yang buruk. Partikel-partikel polusi yang mengandung partikel bebas, dapat meresap ke dalam lapisan kulit yang menyebabkan beberapa permasalahan kulit seperti tersumbatnya pori-pori dan dehidrasi pada kulit.

Oleh karena itu, perawatan wajah sejak dini merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini yang diutarakan oleh Carina Agatha, seorang influencer yang aktif di sosial media Instagram dan memiliki jumlah pengikut lebih dari dua puluh ribu.

Seperti yang kita lihat, Carina sering menggunakan make up untuk kegiatan pekerjaannya seperti photoshoot. Hal ini yang membuat Carina harus tampil maksimal di depan kamera, tetapi seperti apa perawatan wajah yang dilakukan? Yuk simak beberapa tips dari Carina.

Tahapan apa sih yang paling penting untuk merawat wajah?

“Menurut aku, yang terpenting adalah melakukan double cleansing, apalagi aku kan hampir setiap hari menggunakan make up. Pertama-tama aku pakai oil cleansing water dan micellar water. Setelah itu baru aku mulai mencuci wajah dengan sabun cuci muka. Jangan lupa kita juga harus menggunakan masker dan mengangkat kulit mati diwajah kita dengan scrub, jangan terlalu sering ya cukup seminggu dua kali saja.”

Apa perbedaan oil cleansing water dan micellar water? Mungkin masih banyak yang belum bisa membedakan kedua hal tersebut.

Oil cleansing water merupakan pembersih wajah yang di dalamnya mengandung minyak, karena itu oil cleansing water sangat cocok bagi yang memiliki kulit kering dan sensitive. Walaupun begitu, cleansing water juga tetap ampuh untuk mengangkat sisa make up dan kotoran di wajah kita.

Nah, selanjutnya kita beralih ke micellar water. Micellar water merupakan toner pembersih muka yang di dalam terdapat gabungan air, dan zat asam lemak yang dapat menghapus sisa-sisa make up pada wajah kita walaupun tidak terdapat kandungan sabun di dalamnya.”

Baca juga: 6 Kesalahan Umum yang Tak Anda Sadari ketika Mencuci Wajah

Kebiasaan buruk apa yang dapat merusak kulit wajah kita?

“Kebiasaan keluar rumah tapi tidak menggunakan sunscreen atau produk kecantikan yang mengandung SPF tinggi, hal ini biasanya dianggap sepele bagi sebagian besar orang. Walaupun hanya keluar rumah sebentar tapi paparan sinar matahari tetap langsung ke wajah kita. Sering memegang wajah juga salah satu kebiasaan buruk, karena tangan kita kan tidak selalu dalam keadaan bersih jadi hal tersebut malah bisa membuat tumbuhnya jerawat pada wajah.”

Bahan alami apa saja yang dapat kita gunakan untuk menjaga kesehatan kulit?

“Biasanya untuk menggantikan toner, aku menggunakan air mawar. Selain harum dan wangi, air mawar juga bisa mengembalikan kadar kelembaban wajah setelah kita mencuci muka. Madu juga bisa digunakan untuk masker. Madu dapat mengurangi iritasi dan juga dapat mengatasi kulit kusam dan kering.”

Itulah beberapa tips dari Carina Agatha dapat kalian tiru. Intinya, kita harus rajin membersihkan kulit wajah dan rutin menggunakan skincare yang cocok sesuai kebutuhan jenis kulit masing-masing.