Merasa Bosan ketika #diRumahAja, Konser Virtual Dapat Menjadi Opsi untuk Isi Waktu Luang

Art & Culture02 September 2021

By Venisa Ruth

Merasa Bosan ketika #diRumahAja, Konser Virtual Dapat Menjadi Opsi untuk Isi Waktu Luang

Wabah virus COVID-19 yang telah menyebar hampir di 200 negara termasuk negara kita tercinta, Indonesia. Hal ini menyebabkan seluruh kegiatan menjadi terhambat. Salah satunya adalah konser musik.


Semenjak tahun 2020, beberapa konser harus terpaksa dibatalkan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Baik konser penyanyi dalam negeri maupun mancanegara harus terpaksa dibatalkan hingga waktu yang belum ditentukan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini sangat rindu untuk menonton konser, virtual konser dapat menjadi solusinya. Berikut kami kumpulkan beberapa konser virtual yang sudah pernah diselenggarakan selama pandemi ini.

One World: Together at Home

Konser virtual pertama yang akan dibahas kali ini adalah konser One World: Together at Home yang diselenggarakan oleh International Advocacy Organization Global Citizen dan organisasi kesehatan dunia WHO yang diselenggarakan pada April 2020 lalu. Konser yang dimeriahkan oleh beberapa musisi dan artis kenamaan dunia ini disiarkan secara langsung lewat platform digital YouTube.

Beberapa nama artis dunia seperti Billie Eilish, Lady Gaga, David Beckham bersama dengan istrinya Victoria Beckham, Shawn Mendes hingga grup naungan label kenamaan Korea Selatan, SM Entertainment yang baru memulai debutnya pada tahun 2019 kemarin yaitu SuperM juga ikut berpartisipasi untuk memeriahkan rangkaian konser dengan membawakan beberapa lagu hits milik mereka.

BANG BANG CON

Musisi atau Boyband asal Korea Selatan yaitu BTS juga tak mau kalah untuk melaksanakan konser virtual pertama mereka yang bertajuk BANG BANG CON yang disiarkan langsung pada kanal YouTube mereka, BANGTANTV pada bulan April tahun lalu. Konser yang diadakan selama dua hari berturut-turut ini berisikan video konser BTS yang terdahulu seperti BTS 2014 LIVE TRILOGY: EPISODE II The Red Bullet hingga konser terbaru mereka BTS WORLD TOUR ‘LOVE YOURSELF’ SEOUL’.

Konser yang berdurasi selama 11 jam ini sengaja dibuat oleh BTS agar para ARMY, sebutan untuk para penggemar BTS supaya tetap berada dirumah. Selain itu, ketika BTS sedang merayakan 8 tahun Anniversary, mereka juga mengadakan konser virtual yang bertajuk “Muster Sowoozoo”.

Konser Musik #DiRumahAja

Dari beberapa konser musik virtual yang diadakan di seluruh dunia, negara kita Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut serta dalam mengadakan konser virtual tersebut. Konser musik bertajuk #DiRumahAja merupakan salah satu konser virtual terbesar yang berhasil diadakan oleh Najwa Shihab. Tulus, Ardhito Pramono, Fourtwnty, Raisa dan lebih dari 20 musisi kenamaan Indonesia lainnya turut memeriahkan konser musik yang diadakan selama empat hari berturut-turut pada Maret 2020.

Walaupun atmosfer acaranya akan terasa berbeda dibandingkan menonton konser secara langsung, akan tetapi banyak juga yang menikmati konser virtual lewat layar kaca. Mereka dapat merasakan seolah-olah diri mereka sedang berada di lokasi konser secara langsung untuk menonton musisi kesukaannya.