Share
Menuju New Normal, Berikut Tips Jaga Daya Tahan Tubuh di Era Pandemi COVID-19
Venisa Ruth
23 August 2021

Virus korona atau COVID-19 tengah melanda sebagian besar negara di dunia. Kondisi penularan wabah yang berlangsung secara cepat mengharuskan kita semua untuk menerapkan pola hidup sehat, agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Bagaimana cara menjaga daya tubuh di tengah pandemi COVID-19? Simak penjelasan berikut!


Pemerintah menghimbau masyarakat agar terus menjaga pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan yang seimbang untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Menurut anjuran para dokter memakan makanan bergizi seperti 4 sehat 5 sempurna, sering berjemur, dan berolahraga, sangat efektif dalam membantu menjaga kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi harus mengandung banyak vitamin, protein, dan mineral. Vitamin dan mineral bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah-buahan secara umum baik untuk tubuh tetapi lebih disarankan memakan buah yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk, kiwi, dan stroberi. Selain vitamin C, vitamin A juga bagus dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, brokoli, bayam, hingga ubi jalar juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selama ini vitamin A biasanya dikenal berfungsi sebagai kesehatan mata, namun tanpa banyak yang tau, jika seseorang kekurangan vitamin A maka akan sulit baginya untuk melawan infeksi dalam tubuh.

Beberapa contoh makanan yang sehat untuk menghindari penularan COVID-19 adalah sayur bayam dan brokoli. Sayuran yang identik dengan serial kartun Popeye ini mengandung sejumlah vitamin yang bagus untuk tubuh, seperti antioksidan serta beta karoten yang cukup tinggi.

Kedua kandungan itu mampu membantu tubuh dalam melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh dan melawan virus jahat. Sedangkan sayur brokoli mengandung vitamin A, C, dan E yang cukup tinggi. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung mineral dan antioksidan yang tak kalah tingginya.

Minum Ramuan Rempah-Rempah

Selain makanan yang sehat, beberapa minuman juga ada yang dapat berfungsi untuk mencegah penularan COVID-19. Salah satunya adalah minuman yang mengandung rempah-rempah seperti jahe merah. Bahan ini dipercaya dapat diolah menjadi minuman sehat yang membantu mencegah penularan COVID-19. Pasalnya, jahe merah dipercaya mampu menghambat infeksi virus dan bakteri. Namun yang perlu diingat, rempah ini berkhasiat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, bukan membunuh virus maupun bakteri.

Rajin Mencuci Tangan

Selain menjaga daya tahan tubuh, hal yang paling penting pula selama COVID-19 adalah rajin mencuci tangan, karena virus COVID-19 dapat ditularkan melalui cipratan ludah yang menempel di barang-barang yang kita sentuh. Seorang dokter menyarankan untuk rajin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik sampai benar-benar bersih. Selain itu kita sebaiknya jangan sering-sering pegang muka, mata, hidung, mulut, dan dianjurkan untuk selalu memakai masker double saat ke luar rumah.

Tidak sulit untuk menjaga kesehatan tubuh selama pandemi COVID-19 ini, selalu sediakan makanan bergizi dan menjalankan pola hidup yang bersih dan sehat. Jika tidak ada kepentingan, lebih baik berdiam diri di dalam rumah untuk membantu mengurangi penularan virus COVID-19 ini dan selalu menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah. Stay healthy!