Share
Menjaga Kesehatan Kulit dengan Kopi Berikut Manfaatnya
Hamidah Khansa Sabila
26 December 2022

Tak hanya memberi tambahan energi, kopi juga dapat digunakan dalam dunia kecantikan karena manfaatnya yang beragam untuk kesehatan kulit.


Ketika dikonsumsi, kopi memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Kebanyakan orang mengkonsumsi kopi untuk menjaga tubuh agar tetap terjaga di pagi hari dan sebagai penambah energi. Namun, kopi memiliki banyak manfaat lainnya. Kopi juga dapat memiliki manfaat dalam bidang kesehatan kulit.

Lantas, apa saja manfaat kopi pada kesehatan kulit? Dilansir dari healthline, berikut adalah manfaat yang anda dapat ketika menggunakan kopi sebagai masker untuk kesehatan kulit.

Anti-Aging

Sebuah studi menunjukkan adanya hubungan antara mengkonsumsi kopi dan turunnya efek photoaging. Hal lainnya juga menunjukkan bahwa, menerapkan kopi pada kulit dapat mengurangi spot matahari dan kemerahan.

Menghilangkan Kantung Mata

Menurut studi, penggunaan kopi sebagai masker wajah dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Hal tersebut dikarenakan oleh zat kafein yang terdapat di dalam kopi. Kafein tersebut dikatakan dapat melebarkan pembuluh darah yang membantu pembentukan kantung mata.

Menghilangkan dan Mencegah Jerawat

Ampas endapan kopi dikatakan dapat menghilangkan dan mencegah munculnya jerawat karena memiliki zat bernama CGA yang memiliki karakteristik dapat menjadi antibakteri dan anti-inflammatory. Maka dari itu, penggunaan kopi dapat membantu melawan bakteri jahat.

Tak hanya manfaatnya pada kesehatan kulit, kopi juga dikatakan dapat memberikan efek menenangkan karena adanya antioksidan di dalamnya.