Share
Menikmati Indahnya Kearifan Lokal dari Beberapa Desa Wisata Belanda
Clara Enocensia
27 February 2022

Desa-desa tradisional Belanda banyak menarik minat wisatawan mancanegara untuk datang ke negara kanal ini.


Belanda dikenal sebagai negara kanal yang masih menjaga kearifan lokalnya. Wilayah daratan Belanda yang sebagian besar merupakan dataran rendah. 50% wilayah daratan Belanda memiliki ketinggian tidak lebih dari 1 meter di atas permukaan laut.

Namun, tempat wisata di Belanda tetap menjadi salah satu favorit kunjungan wisatawan bila ke Eropa. Berbagai bangunan yang unik dan memiliki nilai sejarah yang tidak perlu lagi dipertanyakan masih terawat dengan baik. Berikut desa wisata paling indah di Belanda.

1. Desa Giethoorn
Desa Giethoorn dibangun tahun 1230. Dibangun dengan model kanal, Desa Giethoorn hanya bisa dijelajahi dengan berjalan kaki dan perahu kecil. Yang membuat desa ini bagai negeri dongeng adalah keindahan taman-taman bunga di pinggir kanal. Mendayung perahu perlahan sambil menikmati bunga-bunga.

Perahu-perahu diparkir rapi dan tertambat di depan rumah. Tak hanya itu, ada 176 jembatan yang bisa gunakan untuk menjelajah. Bayangkan, tak ada suara berisik klakson dan asap kendaraan bermotor. Dedikasi ini membuat Giethoorn terpilih jadi desa bebas polusi dunia.

2. Desa Kinderdijk
Tempat wisata di Belanda selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Desa Kinderdijk. Desa yang terkenal dengan 1.000 kincir ini merupakan salah satu tempat wisata di Belanda yang paling populer. Bahkan Negara Belanda sendiri terkenal juga dengan sebutan negara kincir angin.

Desa Kinderdijk terletak sekitar 15 km dari kota Rotterdam. Awalnya, Desa Kinderdijk sangat rawan banjir, namun dengan memanfaatkan menara berbaling-baling yang berfungsi sebagai pompa air untuk dialirkan ke waduk menuju sungai. Sekarang terbukti bahwa cara tersebut berhasil membuat Desa Kinderdijk bebas dari banjir.

Berkunjunglah pada musim panas, Anda bisa menyaksikan cara kerja pompa air tradisional ala Belanda tersebut. Sedangkan pada musim dingin, Anda bisa bermain ice skating pada permukaan air sungai yang membeku.

3. Desa Marken

Marken merupakan desa cantik yang unik. Marken juga memiliki ciri khas rumah-rumah kayu. Desa ini tidak terlalu luas. Anda cukup mengelilinginya dengan berjalan kaki sambil melihat-lihat kegiatan warga lokal yang masih mempertahankan ketradisionalan mereka.