Mengusung Tema Continuance Wave, Art Moments Jakarta Helat Pagelaran Seni Secara Hybrid
Dewi Anggriani Siregar
03 June 2022

Art Moments Jakarta kembali menggelar pagelaran seni untuk ketiga kalinya selama masa pandemi ini. Mengusung tema Continuance Wave, atau Gelombang Penerusan, Art Moments Jakarta tahun ini digelar secara hybrid dengan melaksanakan kegiatan secara luring dan daring.


Acara luring (offline event) akan dilaksanakan di Art: 1 New Museum, pada tanggal 9-12 Juni 2022. Sementara itu untuk pameran seni daring dapat diakses secara langsung melalui kanal www.artmomentsjakarta.com mulai tanggal 9 Juni 2022 – 31 Agustus 2022. Melalui konsep hybrid luring dan daring inilah Art Moments Jakarta mendorong peran aktif galeri-galeri seni rupa dan para seniman untuk terus berkarya demi mendukung pertumbuhan industri kreatif Indonesia terutama di sektor seni rupa.

Mengusung Continuance Wave, tema yang diusung ini memiliki 2 makna penting yakni peran Art Moments Jakarta sebagai forum berkelanjutan untuk memajukan dan mengembangkan seni rupa di masa depan. Selain itu, tema Continuance Wave juga sejalan dengan dinamika perkembangan seni rupa di dunia yang kini hadir lebih inovatif dan variatif.

Art Moments Jakarta Online 3 akan menampilkan lebih dari 1200 karya seni dari 52 galeri peserta baik luring maupun daring, Indonesia dan internasional. Pameran luring akan dimulai pada 9 Juni 2022 untuk tamu VIP dan tamu undangan, sementara publik bisa berkunjung pada 10-12 Juni 2022 dengan harga tiket Rp60.000 per orang atau Rp100.000 untuk paket dua orang.

Sendy Widjaja, Fair Director dan Co-Founder Art Moments Jakarta mengatakan bahwa karya seni rupa saat ini telah berkembang pesat dan tidak terbatas dalam format konvensional sebagai karya lukis di kanvas atau patung saja. Perkembangan seni rupa kontemporer kini bahkan telah menunjukkan hasil-hasil penciptaan seni rupa modern seperti karya-karya fotografi, video art, objek, karya instalasi, hingga karya-karya dengan karakter medium yang bersifat digital serta virtual.

Terselenggaranya Art Moment Jakarta tahun ini juga dipersembahkan sebagai penghormatan untuk I Made Wianta, seorang seniman hebat tanah air yang dikenal sebagai pelukis yang telah malang melintang mempelajari seni Eropa hingga ke berbagai negara. Selain itu, Art Moment Jakarta tahun ini juga turut dimeriahkan oleh sejumlah galeri seni terkemuka nasional dan internasional yang menyuguhkan karya-karya seni rupa penting, baik dari sudut pandang evolusi seni rupa modern maupun perkembangan mutakhir seni rupa kontemporer.