Usung Konsep Vibrant and Playful, Klamby Hadirkan Kolaborasi Pertama Apparel bersama Tantri Namirah
Bunga Revina
28 November 2022

Pada akhir bulan November 2022 ini Klamby kembali memberikan kejutan dengan mempersembahkan kolaborasi apparel pertama bersama salah satu muse yang kemarin ikut hadir dalam peragaan busana London Fashion Week 2022 yaitu Tantri Namirah.


Pada tanggal 25 November 2022 koleksi Klamby X Tantri Namirah dipertunjukkan secara exclusive di store Klamby yang berlokasi di Plaza Indonesia. Dalam koleksi Klamby X Tantri Namirah ini menjadi salah satu tantangan dan juga keluar dari identitas Klamby yang menggunakan warna bold and playful. Tentunya dalam proses pembuatan koleksi ada campur tangan dari Tantri Namirah yang dimana jika melihat koleksi ini akan melihat sosok ceria yang sesuai dengan beliau. Untuk koleksi Klamby X Tantri Namirah ini juga masih masuk dalam London Series yang ditampilkan juga dalam London Fashion Week 2022.

Koleksi Klamby X Tantri Namirah ini terinspirasi dari salah satu area terkenal di London yaitu Notting Hill dimana kawasan ini menjadi sangat terkenal berkat film, dan banyak daya tarik lain yang mungkin belum kita ketahui. Setiap tahun Notting Hill menjadi tuan rumah street festival terbesar di Eropa – Notting Hill Carnival. Pattern ini terinspirasi dari pesona bangunan dan warna di sepanjang jalan Notting Hill yang berhasil membuat banyak orang ingin mengunjungi London dan juga tumbuhan rambat di setiap bangunannya.

Kemudian tidak lupa juga Klamby selalu memasukan story yang mengangkat tradisional indonesia dengan kembali mengangkat Teknik goresan pada pattern mengilustrasikan teknik tenun garut sedangkan object bunganya terinspirasi dari bunga puspa melati. Object bunga lain yang menginspirasi pattern ini adalah bunga mawar yang merupakan bunga nasional dari negara Inggris. Bunga mawar telah diadopsi sebagai identitas Inggris saat perang dunia di tahun 1455-1485. Mawar merah sebagai identitas Kerajaan Lancaster, sedangkan bunga putih sebagai identitas Kerajaan York.

“Aku sangat senang diajak untuk berkolaborasi bersama Klamby untuk project kolaborasi apparel mereka pertama kali, selain itu Klamby sangat mendengarkan ide - ide aku dalam pembuatan koleksi dimana dengan menggabungkan identitas Klamby dan aku. Semoga dengan koleksi kolaborasi ini membawa warna baru untuk Klamby” ujar Tantri Namirah, selaku kolaborator Klamby.

Motif flora utama yang banyak digunakan dalam tenun garut ialah puspa (melati). Dari ragam hias bunga yang dipakai, Klamby memperluas eksplorasi visual puspa (melati) menjadi gambaran Indonesia secara umum. Selain itu juga ada beberapa flora identitas provinsi yakni magnolia, kenanga, sedap malam, anggrek hitam, begonia, sirih, dan nagasari.

“Dengan kolaborasi pertama untuk kategori Apparel Klamby ini, aku sangat tertantang karena biasanya koleksi yang kita keluarkan dengan warna soft dan neutral. Namun kali ini kita ingin mencoba sesuatu yang baru untuk Klamby, dan kita mengajak Tantri Namirah berkolaborasi dengan style dia yang sangat Vibrant & Playful yang disatukan dengan Klamby. Harapan aku untuk customer Klamby akan suka dengan koleksi bersama Tantri Namirah ini yang sangat berbeda dari koleksi sebelumnya” ujar Nadine Gaus, selaku Founder dari Klamby.