Share
Mengenal Tradisi Hanami Di Jepang, Sambut Mekarnya Bunga Sakura Yang Cantik
Vina Meliana
02 April 2022

Menyaksikan keindahan bunga sakura yang bermekaran merupakan salah satu tradisi yang wajib Anda lakukan ketika sedang berada di Jepang. Tradisi ini biasa dikenal dengan sebutan Hanami.


Bunga sakura merupakan salah satu ciri khas dari negara Jepang karena bunga ini banyak tumbuh di wilayah Jepang. Walaupun sebenarnya sakura dapat ditemui di wilayah lain di luar Jepang dan bahkan cukup populer di negara lain. Namun, Bunga cantik yang berwarna merah muda ini, banyak ditanam di Jepang karena berdasarkan kepercayaan masyarakat jepang yang menganggap bahwa mekar bunganya sakura merupakan tanda bahwa dewa-dewa mulai datang.

Keindahan dari bunga sakura akan semakin cantik ketika Anda berada di suatu musim yang dapat menyaksikan jutaan pohon sakura tumbuh bersamaan. Dengan menikmati mekarnya bunga sakura merupakan salah satu healing tersendiri bagi warga Jepang karena kecantikan bunga tersebut yang membawa kebahagian.

Melihat bunga di Jepang ini menjadi sebuah tradisi tersendiri, yang biasa disebut dengan Hanami. Kegiatan inilah yang membuat banyak orang yang berdatangan hanya untuk melihat kecantikan mekarnya bunga sakura di Musim Semi.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan tradisi Hanami ini, maka Anda harus mengetahui kapan bunga sakura bermekaran. Umumnya bunga sakura mekar pada musim semi yaitu perkiraan pada pertengahan bulan Maret hingga bulan April. Pada bulan tersebut bunga sakura akan menunjukan kelopaknya yang cantik.

Diketahui awalnya tradisi Hanami ini hanya bisa dinikmati oleh orang yang berasal dari keluarga kerajaan. Namun, seiringnya berjalanya waktu tradisi ini bisa dinikmati seluruh kalangan di Jepang. Salah satunya yaitu berkat peran dari Tokugawa Yoshimune yang menanam banyak pohon supaya keindahan bunga sakura dapat dinikmati seluruh orang.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyia-nyiakan tradisi Hanami ini yang sudah bisa dinikmati oleh seluruh kalangan. Supaya tradisi ini berlangsung nyaman maka Anda harus mempersiapkan barang yang dibawa, seperti tikar dan makanan supaya tradisi Hanami ini dapat menjadi sebuah momen yang berkesan dan tak terlupakan, di mana Anda dapat berkumpul sambil menikmati makanan yang lezat di tengah mekarnya bunga sakura.

Setelah selesai melakukan kegiatan Hanami, hal yang harus dilakukan adalah memperhatikan sampah yang Anda hasilkan. Jika dari pihak penyelenggara Hanani tidak menyediakan tempat pembuangan sampah, maka Anda harus mempunyai inisiatif untuk membawanya pulang. Jangan sampai sampah yang dibuang sembarangan, merusak keindahan tempat mekarnya bunga sakura yang hanya bisa dinikmati setahun sekali.