Mengenal Teori Kepribadian Diri di Balik Buku Map Of The Soul Oleh Murray Stein

Art & Culture03 September 2021

By Venisa Ruth

Mengenal Teori Kepribadian Diri di Balik Buku Map Of The Soul Oleh Murray Stein

Sudah menjadi banyak teori dan tebakan para ARMY, track lagu mereka yang berjudul 'Intro: Persona' terinspirasi dari buku Jung’s Map of the Soul: An Introduction. Diketahui bahwa buku Map of the Soul merupakan sebuah judul buku yang ditulis oleh Murray Stein dengan judul asli Jung’s Map of the Soul.


Pada April 2019 silam, BTS kembali dengan album baru bertajuk “Map of The Soul: Persona”. Di mana sebelum album ini resmi dirilis bentuk fisiknya, pre-order-nya sudah mencapai jutaan mengalahkan album sebelumnya, “Love Yourself: Answer”. Album “Map of the Soul: Persona” sendiri terdiri atas tujuh lagu. Yakni, “Intro: Persona”, “Boy With Luv”, “Mikrokosmos”, “Make it Right”, “HOME”, “Jamis Vu”, dan “Dionysus”. Tidak hanya pencapaian dari album dan lagu yang memecahkan banyak rekor dan menjadi perhatian banyak orang termasuk ARMY sebagai Fans BTS.

Dalam buku teori Map of the Soul, Jung berpendapat bahwa kepribadian manusia itu terdiri dari beberapa lapisan. Sementara lapisan paling luar disebut Persona. Atau mudahnya, persona diibaratkan public face, yang artinya bagian diri yang sengaja ditunjukkan kepada orang lain. Lapisan berikutnya disebut Anima atau Animus.

Meski sebenarnya Jung menjelaskan secara mendalam, tapi secara garis besar bisa dikatakan jika lapisan ini adalah bagian manusia dalam memahami lawan jenis, yang berkaitan dengan fungsi survival manusia. Lapisan berikutnya yaitu Shadow, yang berisikan lapisan yang mengerikan di dalam diri manusia. Lapisan terakhir disebut The Self, atau bagian inti kepribadian manusia. Dengan kata lain, pemikiran tersebut mengajak manusia untuk lebih mengenal dirinya sendiri dari lapisan paling luar hingga inti kepribadian masing-masing individu.

Jung juga menjelaskan Ego merupakan unsur yang terletak di permukaan alam bawah sadar. Ego dikenal sebagai sosok ‘aku’. Ego merupakan sosok yang berperan dalam pengambil keputusan dan mengendalikan diri. Ego dapat melakukan apapun yang dingiinkannya, sampai batas tertentu. Ego baru akan melibatkan persona dan bayangan ketika ada masalah.

Ia menjelaskan bahwa diri arketipal (A) merupakan bagian dari inti kompleks ego kita. Diri arketipal adalah gabungan dari unsur sadar dan bawah sadar dalam semesta kita. Diri arketipal atau cukup disebut dengan Diri, biasanya dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Itulah unsur-unsur dalam teori konsep peta jiwa Carl Jung yang dapat anda pahami. Melalui buku-buku Dr. Murray mengenai Map of The Soul, diharapkan mampu membantu setiap orang untuk menemukan arah perjalanan hidupnya melalui konsep peta jiwa Carl Jung. Dengan mempelajari unsur peta jiwa di diri Anda maka akan memahami diri anda sendiri dan Anda dapat menemukan arah perjalanan hidup sesuai dengan keinginan anda.