Mengenal Sosok Kehadiran Support System di Dalam Kehidupan

Relationship11 February 2021

By Rahayu Indah

Mengenal Sosok Kehadiran Support System di Dalam Kehidupan

Pada dasarnya, manusia tidak bisa lepas dari manusia yang lainnya. Artinya, kita tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita.


Kehadiran orang lain dalam kehidupan memiliki makna yang cukup besar, apalagi ketika kita sedang mengalami masalah. Sosok seseorang yang selalu ada bersama kita saat masa sulit sekali pun adalah sosok yang bisa kita sebut sebagai support system kita.

Sosok support system adalah seseorang yang kita anggap sangat dekat dari pada hubungan kita dengan yang lainnya. Biasanya, sosok support system dikenal seperti sahabat, atau pun keluarga yang dipercaya dapat terus memberi dukungan dalam kondisi senang dan membantu saat masa-masa sulit. Support system adalah sosok yang akan kita temui pertama kali khususnya saat kita merasa membutuhkannya.

Seorang support system bukan hanya mendukung secara cuma-cuma, melainkan mendorong kita untuk menjadi sosok yang lebih baik. Kehadirannya akan memberikan dampak positif bagi kehidupan kita. Berikut keuntungan yang bisa dirasakan dengan kehadiran support system:

• Rasa Nyaman dan Aman

Ketika kita sedang dalam tekanan, hadirnya support system memberikan kita rasa nyaman dan aman. Masalah yang terjadi dalam hidup dapat dihadapi dengan tenang, karena kita dapat berbagi cerita dengannya. Berbagi cerita dengan orang yang dipercaya membuat kita tidak perlu khawatir karena dirinya akan menjaga setiap hal yang kita ceritakan.

• Memberikan Pertimbangan

Terkadang, di dalam hidup, banyak hal yang memerlukan pertimbangan yang terasa berat. Sosok support system dapat menjadi tempat untuk membantu kita mempertimbangkan sesuatu. Saran dari orang terdekat akan membantu kita karena ia akan menilai kondisi kita dengan lebih objektif.

• Menjadi Pribadi yang Tangguh

Kehadiran support system akan membantu kita untuk menjadi sosok yang lebih open-minded terhadap diri sendiri. Orang terdekat kita mampu mengubah pemikiran kita terhadap diri sendiri, sehingga menjadikan kita lebih dewasa, kuat, dan tangguh dalam menghadapi segala situasi di masa mendatang.

Setiap dari kita pasti memiliki setidaknya satu orang yang bisa kita percaya. Jika kita merasa bahwa kita tidak memilikinya, sebenarnya kita hanya belum menyadari keberadaan mereka. Jangan lupa untuk mensyukuri kehadiran orang-orang yang selalu menjadi support system dalam kehidupan kita.