Share
Mengenal Sosok Elvis Presley “King of Rock and Roll” dalam Film Elvis (2022)
Novita Angelina
18 June 2022

Biopik Elvis (2022) yang menceritakan kisah perjalanan hidup seorang penyanyi legendaris Elvis Presley akan segera tayang di Indonesia.


Siapa yang tak mengenal sosok Elvis Presley, sang legenda yang dikenal sebagai King of Rock and Roll. Suaranya yang khas serta penampilannya di atas panggung yang memukau membuat semua wanita tergila-gila padanya pada masa itu. Namun sayangnya, ia meninggal dunia di usia yang masih terbilang muda, yaitu 42 tahun. Cerita hidupnya menorehkan sejarah tersendiri khususnya bagi perkembangan industri musik dan budaya dunia. Sekelumit kisah perjalanan hidup dan karir seorang Elvis Presley tergambarkan secara apik dalam biopik berjudul Elvis (2022) hasil garapan Baz Luhrmann.

Di film itu diceritakan bagaimana bakat bermusik seorang Elvis yang diperankan oleh Austin Butler, semakin terasah ketika di kehidupan masa kecilnya ia selalu mendengar dan menonton pertunjukkan musik blues dan gospel yang ada di rumah ibadah. Apalagi ia tinggal di Memphis, Tennessee yang mayoritas warganya berkulit hitam. Pada masa itu, industri musik dunia tidak seperti sekarang ini. Musik blues sendiri biasanya hanya dimainkan oleh kelompok kulit hitam dan Elvis yang merupakan seorang kulit putih bisa membawakan musik tersebut dengan sangat apik hingga membuat banyak pro kontra di masa itu.

Ketika bertumbuh dewasa, Elvis sempat bergabung dengan sebuah label rekaman Sun Records, sebelum akhirnya Colonel Tom Parker (Tom Hanks) menemukannya dan membuka jalan karir yang lebih besar baginya. Setelah itu, ia bergabung dengan label rekaman yang lebih besar, yakni RCA Records. Karena goyangannya di atas panggung yang dianggap tidak senonoh membuatnya banyak dicekal untuk tampil. Ia bahkan sempat dikirim untuk wajib militer di Jerman dan bertemu dengan wanita idaman yang menjadi istrinya, Priscilla Presley.

Di film ini juga digambarkan bagaimana sifat manajernya Colonel Tom Parker yang licik dan manipulatif sehingga dapat dengan mudah mempengaruhi setiap keputusan yang diambil Elvis Presley. Terlepas dari itu, Elvis Presley Enterprises, wadah yang didirikan oleh Tom Parker untuk menaungi bisnis musik Elvis dapat berkembang dengan hebat dan Elvis juga berhasil merevolusi musik rock and roll serta menciptakan musik yang modern dan inovatif di setiap pertunjukannya.

Film ini rencananya dapat disaksikan di bioskop Indonesia mulai tanggal 24 Juni 2022.