Share
Mengenal Sleep Anxiety, Perasaan Cemas yang Kerap Muncul Sebelum Tidur
Dewi Anggriani Siregar
29 March 2023

Gangguan tidur merupakan masalah yang tidak dapat disepelekan, sebab tidur merupakan salah satu hal penting yang memengaruhi kesehatan. Salah satu gangguan tidur adalah sleep anxiety yang menimbulkan kecemasan dan dapat memberikan dampak berkepanjangan apabila tidak cepat ditangani.


Sleep anxiety merupakan kondisi dimana seseorang mengalami perasaan cemas sehingga menganggu waktu istirahat dan aktivitas tidur. Mengutip Halodoc, gangguan kecemasan tidur atau sleep anxiety adalah ketakutan atau kekhawatiran akan tidur. Seseorang mungkin khawatir tidak bisa tidur di malam hari. Beberapa orang juga memiliki fobia atau ketakutan yang berbeda tentang tidur, yang juga disebut somniphobia.

Orang yang mengalami sleep anxiety akan kesulitan tidur karena merasa khawatir ketika akan tidur dan memejamkan mata. Penderitanya akan merasa terus waspada seolah ada hal buruk yang akan terjadi. Ada beberapa gejala dari sleep anxiety seperti berkeringat berlebihan, merasa tegang, denyut jantung meningkat, terus merasa geliah dan berpikiran negatif, gemetar, hingga kesulitan berkonsentrasi.

Dikutip dari berbagai sumber, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi sleep anxiety adalah mulai memperbaiki pola hidup dan pola makan teratur, usahakan untuk menghindari minuman berkafein dan beralkohol. Berolahraga secara teratur serta membiasakan diri untuk melakukan meditasi juga dapat membantu menenangkan diri dan mengatasi permasalahan tidur. Anda juga harus mulai membiasakan diri untuk memanajemen pikiran dengan baik agar tetap positif.