Share
Mengenal Silent Treatment, Aksi Diam yang Membingungkan dan Menjadi Sumber Masalah
Dewi Anggriani Siregar
17 October 2023

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah silent treatment, yang sempat ramai menjadi perbincangan beberapa waktu ke belakang khususnya di kalangan anak muda. Lantas, apa pengertian sesungguhnya dari silent treatment itu?


Singkatnya, silent treatment adalah perlakuan diam atau sikap penolakan untuk berkomunikasi secara verbal dengan seseorang. Silent treatment dapat terjadi dalam berbagai jenis hubungan, tidak hanya dalam hubungan romantis atau percintaan. Bahkan dalam hubungan antar orang tua dan anak, sesama rekan kerja, atau dalam pertemanan pun silent treatment sering terjadi. Mengutip dari Halodoc, ada beberapa alasan orang melakukan tindakan silent treatment, antara lain seperti di bawah ini:

Menghindarkan diri
Pada beberapa kasus, orang tetap diam dalam percakapan karena mereka tidak tahu harus berkata apa atau ingin menghindari konflik.

Cara berkomunikasi
Seseorang bisa menggunakan tindakan ini jika mereka tidak tahu bagaimana mengekspresikan perasaan mereka tetapi ingin pasangan tahu bahwa mereka kesal.

Hukuman
Jika seseorang menggunakan silent treatment untuk menghukum seseorang atau melakukan kontrol atau kekuasaan atas mereka, ini adalah bentuk pelecehan emosional.

SILENT TREATMENT

Ada beberapa hal juga yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah silent treatment, salah satunya adalah dengan menerapkan komunikasi yang sehat di dalam hubungan, tidak peduli hubungan apapun itu. Menetapkan boundaries dan berusaha tenang dalam menghadapi setiap situasi serta mengambil keputusan. Mengetahui value diri sendiri dan tidak menyalahkan diri sendiri juga menjadi salah satu hal penting yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi silent treatment.