Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mengenal Self-Loathing, Perasaan Menyalahkan dan Membenci Diri Sendiri

Relationship25 May 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Mengenal Self-Loathing, Perasaan Menyalahkan dan Membenci Diri Sendiri

Apakah Anda pernah berada dalam situasi yang membuat Anda membenci diri sendiri, entah karena sebuah kegagalan atau kejadian masa lalu yang membuat Anda tidak bisa lupa dan terus merutukinya.


Jika pernah terjebak dalam posisi demikian, Anda mungkin sedang mengalami self-loathing. Dikutip dari Psychalive, seseorang yang mengalami self-loathing biasanya akan selalu merasa bahwa dirinya tidak cukup baik, cakap dan pantas dalam melakukan atau mengurus apapun.

Mengingat sebuah kejadian buruk atau kejadian masa lalu memang bukanlah suatu hal yang menyenangkan, terlebih apabila kita memiliki pengalaman buruk yang menimbulkan trigger setiap kali kita mengingatnya. Namun jika terus-menerus dan berlarut-larut dalam kedaaan itu justru akan membuat kita kehilangan motivasi hidup serta rasa percaya diri.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya self-loathing ini, salah satunya adalah perasaan negatif terhadap diri sendiri yang membuat kita selalu merasa kurang. Hal ini juga termasuk menyalahkan diri sendiri atas segala kesalahan yang telah terjadi dan membuat Anda terjebak dalam perasaan bersalah. Selain itu, lingkungan juga menjadi salah satu hal yang memengaruhi terjadinya self-loathing. Tidak mendapatkan dukungan dari lingkungan sosial, kerabat, bahkan keluarga dapat semakin mendukung kebencian yang ada dalam diri.

Sementara cara yang dapat diakukan untuk mengatasi self-loathing ini adalah dengan belajar mencintai dan menghargai diri sendiri, mengetahui value terbaik diri kita serta berusaha memperbaiki diri dan mengambil hikmah dari setiap kejadian yang terjadi. Anda harus bisa belajar memaafkan diri Anda sendiri dan menyadari bahwa apa yang terjadi dan kita harapkan tidak selalu membuahkan hasil seperti apa yang kita kehendaki. Jika dirasa perlu, Anda juga bisa mendatangi tenaga professional.

Namun yang paling penting dari semua yang Anda lalui adalah sebuah proses yang akan memberikan banyak keuntungan apabila Anda melihatnya dari sudut pandang positif, dan akan menjadi negatif apabila Anda melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.