Mengenal Self-Compassion dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental
Dewi Anggriani Siregar
06 March 2022

Berdasarkan Journal of Personality Research, orang yang menerapkan teknik self-compassion cenderung memiliki risiko depresi yang lebih rendah.


Menerima segala kekurangan yang ada di dalam diri kita tentu bukanlah hal yang mudah. Manusia seringkali berusaha keras melakukan hal apapun agar dirinya dapat diterima dengan baik oleh orang lain dan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut seringkali membuat kita lupa bahwa ada yang jauh lebih penting dari sekadar mendapatkan penerimaan dan validasi orang lain, yakni diri kita sendiri.

Sangat penting bagi Anda untuk bisa memahami, menerima dan memperlakukan diri sendiri sebaik mungkin. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan self-compassion.

Self-compassion adalah bagaimana kita menerima dan bersikap baik terhadap diri secara tulus. Menyadari sepenuhnya bahwa manusia jauh dari kata sempurna, dan bisa menerima ketidaksempurnaan yang ada dalam diri kita. Untuk bisa mencapai itu semua, Anda harus dapat memahami setiap emosi yang ada pada diri sebaik mungkin. Ketakutan, kecemasan, kesedihan, kehilangan, sakit hati, atau kemarahan. Perasaan bisa menjadi salah satu tantangan terbesar dalam hidup.

Seringkali otak memaksa kita untuk memikirkan hal-hal yang berada di luar kendali. Memikirkan segala kemungkinan-kemungkinan terburuk dan hal-hal negatif yang bahkan belum tentu terjadi.

Self-compassion menjadi salah satu solusi terbaik untuk melawan segala pikiran negatif yang muncul dalam diri. Anda bisa mulai melakukan self-compassion ini dengan cara memperlakukan diri sendiri layaknya seorang teman, menjadi pengamat yang baik dan mengubah sudut pandang kita apabila sedang dilanda masalah. Anda juga bisa menulis untuk membuang semua hal-hal negatif yang menganggu pikiran anda. Menulis merupakan salah satu metode terbaik untuk menyalurkan emosi diri.

Selain itu, Anda juga harus mulai membiasakan diri untuk memberikan afirmasi positif dengan cara membicarakan hal yang baik terhadap diri sendiri. Anda juga harus menyadari bahwa memerhatikan dan mementingkan diri sendiri merupakan tugas utama Anda. Jangan memaksakan diri terlalu keras.

Menerapkan self-compassion ini akan membantu membawa dampak yang baik untuk kesehatan mental Anda. Berdasarkan Journal of Personality Research, orang yang menerapkan teknik self-compassion cenderung memiliki risiko depresi yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan ketika menerapkan self-compassion, kita dapat melihat berbagai hal secara luas dan tidak terikat pada satu sudut pandang saja.

Melakukan latihan self-compassion juga dapat meningkatkan perasaan tenang dan aman ketika Anda dihadapkan pada suatu masalah. Self-compassion dapat memberikan efek positif pada peningkatan fungsi mental dan meningkatkan perasaan self love serta memperbaiki kualitas hidup Anda.