Share
Mengenal Segudang Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan Tubuh
Dewi Anggriani Siregar
05 October 2022

Siapa yang tidak mengenal chamomile? Selain memiliki rupa yang indah dan terasa sedap saat dinikmati sebagai teh, chamomile memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.


Bunga chamomile atau kamomil merupakan salah satu jenis tumbuhan semusim dengan suku kenikir-kenikiran atau Asteraceae yang juga masih satu keluarga dengan bunga matahari.

Memiliki ukuran yang kecil dan berwarna putih serta kuning, bunga chamomile memiliki banyak spesies, namun dua yang paling umum adalah chamomile Jerman (Marticaria recutita) dan chamomile Romawi (Chanmaemelum nobile).

Selain indah, bunga chamomile yang dikestrak menjadi teh telah dipercaya secara turun-temurun sebagai obat herbal dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti yang dikutip dari Alodokter berikut ini.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh chamomile merupakan salah satu terapi alternatif yang dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, memperpanjang waktu tidur, sekaligus mengatasi insomnia.

Meredakan Gejala Flu

Anda bisa mencoba menikmati secangkir teh chamomile hangat saat sedang dalam kondisi flu. Khasiat antiradang yang dimiliki teh chamomile mampu mengurangi gejala dan mendukung proses pemulihan saat Anda terkena flu.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Teh chamomile telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah pencernaan, terutama penyakit asam lambung, diare, dan mual.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Teh chamomile kerap digunakan untuk mengurangi gejala nyeri menstruasi, termasuk kram perut. Selain itu, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa minum teh chamomile dapat mengurangi kecemasan yang terjadi selama periode menstruasi.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Minum teh chamomile juga dapat menurunkan kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Zat antikanker dan antioksidan yang terkandung di dalam teh chamomile dapat menurunkan peradangan serta menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.