Mengenal Prosedur serta Manfaat dari Perawatan Kulit Chemical Peeling

Beauty16 September 2021

By Clara Enocensia

Mengenal Prosedur serta Manfaat dari Perawatan Kulit Chemical Peeling

Chemical peeling merupakan salah satu perawatan berbasis eksfoliasi yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit.


Chemical peeling adalah perawatan kecantikan yang banyak diminati belakangan ini. Bertujuan untuk membuang sel kulit mati, perawatan ini bisa dikatakan serupa dengan eksfoliasi sehingga kulit yang tumbuh kembali akan lebih halus dan sehat. Chemical peeling menggunakan bahan kimia dan harus dilakukan sesuai prosedur yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Berikut adalah manfaat dari perawatan chemical peeling.

1. Mencegah Jerawat

Jerawat adalah kondisi inflamasi pada kulit yang umum terjadi. Manfaat dari chemical peeling ini untuk mencegah pertumbuhan jerawat pada wajah, serta berfungsi untuk memecah komedo, menurunkan produksi minyak, membunuh bakteri, dan mengurangi peradangan. Chemical peeling ringan biasanya digunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

2. Menghaluskan Kerutan dan Garis Wajah

Chemical peeling mampu menghilangkan lapisan luar kulit untuk menghasilkan lapisan kulit baru yang sehat, cerah, halus, dan tidak berkerut.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Saat jerawat telah memudar, kulit menciptakan serat kolagen baru sebagai upaya untuk memperbaiki bekas luka akibat kulit yang meradang. Produksi serat kolagen baru tersebut dapat menciptakan bekas luka yang bergelombang, sehingga tekstur kulit wajah menjadi tidak rata dan kasar. Chemical peeling dapat membantu menghilangkan kelebihan kolagen tersebut dengan mengelupas lapisan kulit atas.

4. Mengatasi Rosacea

Rosacea adalah penyakit kulit yang ditandai dengan peradangan berupa ruam kemerahan pada wajah yang biasanya tampak di area hidung, dagu, pipi dan dahi. Bahkan dapat menyebabkan munculnya jerawat, yang dikenal sebagai acne rosacea. Chemical peeling adalah salah satu prosedur untuk membantu meredakan gejala ini. Biasanya teknik ini dianjurkan untuk kondisi rosacea ringan atau sedang.