Share
Mengenal Perbedaan Hyaluronic acid dan Glycerin, Bahan Aktif Skincare yang Mampu Menghidrasi Kulit
Clara Enocensia
17 February 2022

Kedua bahan aktif ini sudah terkenal akan kemampuannya untuk menghidrasi kulit, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda diantara dua bahan aktif tersebut.


Para pemilik kulit kering memang harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah. Pasalnya, salah pilih produk justru bisa memperparah kulit kering Anda. Ada berbagai macam kandungan yang kerap kita lihat dalam produk skincare yang setiap hari kita gunakan.

Adapun beberapa kandungan yang biasanya kerap direkomendasikan untuk melembapkan kulit kering adalah hyaluronic acid dan glycerin. Namun keduanya memiliki perbedaan serta kelebihannya masing-masing. Mari simak ulasan berikut untuk mengenal lebih jauh perbedaan dari hyaluronic acid dan glycerin.

Hyaluronic Acid

Bahan aktif ini sudah terkenal akan kemampuannya untuk menghidrasi kulit. Pasalnya, hyaluronic acid adalah humektan alami yang bisa menarik uap air dari sekitarnya.

Kandungan hyaluronic acid biasanya sering ditemukan pada produk-produk yang melembapkan seperti pelembap atau eye cream. Hyaluronic acid memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menyimpan dan menjaga kandungan air pada kulit.

Oleh sebab itulah hyaluronic acid banyak digunakan dalam produk dengan fungsi utama untuk melembapkan kulit. Hyaluronic acid juga sangat ideal digunakan pada produk anti-aging karena dapat mengurangi tampilan garis halus serta membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Glycerin

Glycerin adalah humektan yang merupakan salah satu tipe agen pelembap. Cara kerjanya adalah dengan menarik air dari udara dan membawanya ke lapisan luar kulit. Glycerin adalah bahan utama untuk menenangkan dan melembapkan, menciptakan kulit yang lebih halus dan nyaman.

Bahan aktif ini juga digunakan untuk menghidrasi lapisan luar kulit dan dengan sifatnya yang semi-oklusif, yang dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk menahan air. Dengan cara ini, juga dapat membantu memberikan perlindungan terhadap berbagai iritasi kulit, selain membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Pasalnya dua bahan ini juga sering disarankan untuk digunakan secara bersamaan. Hyaluronic acid bisa mempertahankan kelembapan di permukaan kulit, sementara glycerin mampu menarik kelembapan ke bagian terdalam kulit. Jika ingin digunakan bersamaan, maka oleskan hyaluronic acid terlebih dahulu, lalu ikuti dengan glycerin.