Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mengenal Perbedaan Hair Oil dan Hair Serum dari Segi Kandungan, Tekstur, dan Fungsinya

Beauty13 January 2022

By Clara Enocensia

Mengenal Perbedaan Hair Oil dan Hair Serum dari Segi Kandungan, Tekstur, dan Fungsinya

Meskipun sekilas terlihat serupa, dari segi kandungan, tekstur, fungsi, hingga kepada cara pakainya, hair oil dan hair serum memiliki banyak perbedaan.


Ternyata, ada begitu banyak jenis produk perawatan rambut yang perlu kamu ketahui dan gunakan selain shampoo serta conditioner untuk hasilkan rambut yang tampak sehat sekaligus berkilau. Terdapat beragam rangkaian perawatan rambut yang harus dilakukan untuk menjaga rambut tetap sehat, diantaranya menggunakan hair oil dan hair serum.

Kedua haircare tersebut memang tampak serupa dengan fungsinya yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan membuat rambut tampak berkilau. Meski serupa, nyatanya hair oil dan hair serum memiliki berbagai macam perbedaan, baik dari tekstur hingga cara pengunaannya. Mari simak ulasan berikut ini.

1. Hair Oil

Pemilik rambut kering pasti sudah tak asing lagi dengan produk perawatan rambut satu ini. Hair oil berfungsi untuk menjaga kelembapan, melindungi rambut dari suhu panas alat styling atau hair dryer, dan dapat menutrisi rambut rusak.

Dari segi tekstur, memang hair oil cenderung lebih thick dan berminyak. Namun, hair oil tidak akan membuat rambutmu terasa berasa berat, karena hair oil memiliki kandungan yang cepat menyerap.

Hair oil termasuk ke dalam kategori hair care yangterbuat dari bahan-bahan natural dengan fungsi untuk bantu menutrisi dan menghidrasi bagian dalam rambut, serta kulit kepala. Menariknya lagi, dengan memakai hair oil, Anda dapat memperbaiki berbagai permasalahan rambut, seperti rambut yang kering, patah, bercabang, dan lainnya.

2. Hair Serum

Hair serum merupakan cairan yang diformulasikan untuk melapisi permukaan rambut guna mengunci dan menutup kutikula rambut. Produk hair care satu ini dirancang untuk melindungi rambut dari panasnya alat styling rambut, polusi, dan paparan sinar matahari.

Berbeda dengan hair oil, hair serum justru memiliki tekstur yang lebih cair seperti air, tetapi terasa lebih pekat. Hair serum bermanfaat untuk menutrisi dan memberikan keharuman untuk rambut. Selain itu, produk ini juga mampu membuat rambutmu terlihat lebih berkilau dan sehat.

Kinerja hair serum akan jauh lebih optimal jika digunakan setelah keramas dan rambut dalam keadaan setengah kering.