Share
Mengenal Perbedaan dan Kelebihan dari Body Lotion dan Body Butter
Clara Enocensia
27 September 2021

Kali ini HighEnd membahas mengenai manfaat serta perbedaan body butter dan body lotion, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda.


Pelembab merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kesehatan kulit kita. Bahkan tanpa pelembab, kulit kita akan terlihat kasar dan kering. Salah satu produk pelembab yang sering kita temukan dan gunakan adalah body lotion, namun tidak jarang Anda juga menemukan body butter. Meskipun fungsi keduanya sama tetapi terletak beberapa perbedaan dalam dua produk tersebut. Berikut adalah perbedaan body lotion dan body butter lengkap dengan kelebihannya.

Body Lotion

Seperti yang kita tahu, body lotion berfungsi untuk menghidrasi kulit dengan formula yang lebih ringan serta cepat meresapkan ke dalam kulit. Body lotion terdiri dari campuran emulsi air dan minyak yang cocok digunakan untuk kondisi kulit yang tidak terlalu kering. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, body lotion adalah pilihan yang tepat bagi Anda, sebab kulit berminyak lebih membutuhkan pelembap yang ringan.

Selain kondisi kulit bawaan, cuaca serta iklim juga memiliki pengaruh besar pada kondisi kulit Anda. Lotion cocok digunakan ketika Anda berada di lingkungan yang beriklim lembab dan tropis.

Body Butter

Sedangkan body butter memiliki tekstur yang lebih berminyak. Pada umumnya memiliki bahan utama seperti cocoa butter, shea butter, dan coconut oil. Formula tersebut ditujukan bagi Anda yang memiliki kulit sangat kering sehingga membuat permukaan kulit menjadi kasar. Body butter juga dapat diaplikasikan pada daerah kulit yang rentan kering, seperti siku, lutut, dan tumit.

Biasanya body butter lebih sering digunakan oleh orang-orang yang berada di lingkungan dengan cuaca dan iklim yang dingin, sebab udara yang dingin berpotensi menyebabkan kulit kering dibandingkan dengan lingkungan dengan iklim tropis. Selain itu penggunaan body butter disarankan untuk ibu hamil. Khususnya pada area perut, pinggang dan paha untuk mencegah timbulnya stretch mark.

Body butter dan body lotion sama-sama memiliki kandungan yang baik untuk memenuhi nutrisi kulit anda. Penggunaan disesuaikan dengan jenis kulit, iklim dan cuaca serta aktivitas yang dilakukan. Pilihlah pelembab kulit sesuai kebutuhan Anda.