Mengenal Pentingnya Personal Boundaries Agar Hidup Lebih Nyaman dan Tenang
Dewi Anggriani Siregar
13 March 2022

Personal boundaries membantu kita lebih tegas untuk mengatakan tidak terhadap hal tidak kita suka. Singkatnya, personal boundaries merupakan batasan yang dibuat oleh diri sendiri dari lingkungan eksternal.


Batasan adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Dalam hidup, kita membutuhkan batasan-batasan yang diperlukan untuk membuat hidup kita menjadi lebih teratur dan terarah.

Batasan itu disebut personal boundaries. Personal boundaries adalah sebuah aturan atau pedoman yang dapat memberi tahu orang lain bagaimana kita ingin diperlakukan, serta apa yang dapat diterima dan apa yang tidak.

Personal boundaries mampu membuat kita menolak dan mengatakan tidak terhadap hal apa yang tidak kita suka. Singkatnya, personal boundaries merupakan batasan yang dibuat oleh diri sendiri dari lingkungan eksternal.

Berikut beberapa menfaat penting personal boundaries yang mungkin harus mulai Anda terapkan dalam dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tegas dan dapat menghargai satu sama lain

Memiliki personal boundaries membantu Anda untuk tegas dalam menentukan sesuatu dan bersikap. Anda jadi lebih mudah menghargai batasan yang dimiliki orang lain juga, sebab Anda pun juga memiliki batasan sendiri.

2. Kebutuhan terpenuhi

Seringkali kita menjadi orang yang tidak enakan. Melelahkan sekali ketika kita tidak menyukai sesuatu dan kita tidak bisa menolaknya. Atau kita menginginkan sesuatu akan tetapi kita tidak enak untuk mengatakannya. Personal boundaries membantu Anda untuk bisa memenuhi apa yang Anda butuhkan.

3. Hidup Tenang dan Nyaman

Personal boundaries memberikan kebebasan emosional dan melindungi kita dari segala keragu-raguan. Di dalam hubungan apapun kita akan merasa nyaman, saling menghargai keputusan dan batasan satu sama lain.

Semakin memahami apa saja hal yang berada di ranah umum maupun personal sehingga hubungan dalam tingkat apapun yang Anda jalani akan berjalan tanpa rasa canggung.

4. Self Love

Memiliki personal boundaries yang baik menandakan bahwa Anda telah berhasil mencintai diri Anda sendiri lebih dari Anda mencintai orang lain. Sebab Anda tau bahwa diri Anda berarti dan memerlukan batasan-batasan yang bisa melindungi Anda serta membuat hidup Anda jauh lebih bahagia.

5. Mengetahui Karakter Asli Orang Lain

Saat personal boundaries yang bagus telah terbangun dalam diri, mungkin akan ada saja yang tidak menyukai atau menganggap Anda berbeda dari yang lain karena cenderung cuek atau tidak bisa bergaul. Padahal nyatanya Anda hanya berusaha untuk mempertahankan apa yang telah Anda bangun.

Tidak usah khawatir, dengan begini Anda jadi lebih mudah mengetahui karakter orang yang sesungguhnya dan membatasi interaksi dengan mereka yang tidak bisa menghargai batasan yang ada pada diri Anda.