Share
Mengenal Olahraga Yoga Kursi, Ampuh untuk Mengurangi Stres 
Yesica Kirana
15 October 2024

Yoga kursi merupakan olahraga yang dilakukan menggunakan kursi dan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh yang mampu mengurangi nyeri punggung.


Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat merilekskan tubuh, bahkan mampu membakar banyak kalori dan membentuk otot. Olahraga ini sering dilakukan untuk mengurangi stres melalui gerakan tubuh yang dikombinasikan dengan pernapasan dan meditasi, sehingga pikiran menjadi lebih tenang. Namun, tahukah Anda bahwa ada jenis yoga yang unik dan berbeda yaitu Yoga Kursi?

Yoga Kursi

Yoga ini dilakukan di atas kursi dan dianggap sangat bermanfaat bagi semua usia karena membantu meningkatkan kesehatan secara optimal. Aktivitas sehari-hari yang melelahkan, baik secara fisik maupun mental, sering kali menyebabkan otot-otot menjadi tegang dan pikiran menjadi stres.

Dengan melakukan gerakan yoga di atas kursi, fleksibilitas tubuh dapat ditingkatkan, di mana kursi berfungsi sebagai penyeimbang tubuh. Jika dilakukan secara rutin, yoga kursi dapat memperbaiki kualitas tidur, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi berbagai gejala penyakit lainnya.

Berikut 5 cara melakukan yoga kursi untuk kesehatan tubuh

Melakukan Pemanasan

Duduk di tepi kursi yang telah disiapkan, lalu bentuk lingkaran dengan tangan dan kaki Anda. Posisi ini baik untuk mencegah kelelahan pada kaki dan pergelangan tangan Anda.

Melakukan gerakan Cat Cow

Dalam langkah ini, duduklah dengan posisi tegak, angkat dagu dan dorong ke depan. Sambil melebarkan dada. Kemudian saat menghembuskan napas, lengkungkan tulang belakang seperti posisi kucing membungkuk. Gerakan ini bertujuan untuk meregangkan punggung bagian atas.

Miringkan tubuh ke samping

Angkat tangan kiri ke atas dan condongkan tubuh ke kanan, lalu ulangi ke sisi sebaliknya. Setelah itu, putar tubuh ke salah satu sisi dan tahan posisi tersebut selama 3-5 tarikan napas. Lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya.

Condongkan tubuh ke depan sambil duduk

Untuk mengatasi ketegangan pada bahu, letakkan kedua kaki di lantai, angkat tangan ke atas, lalu bungkukkan tubuh ke depan hingga dada berada di atas lutut dan tangan menyentuh lantai.

Ambil posisi duduk

Terakhir, letakkan kedua kaki di lantai dan tangan di atas paha, lalu tarik napas secara perlahan. Setelah itu, beri diri Anda waktu sejenak untuk beristirahat sebelum melanjutkan aktivitas.