Share
Mengenal Neem atau Mimba, Tumbuhan Herbal yang Miliki Kandungan Baik untuk Kulit
Dewi Anggriani Siregar
28 March 2023

Saat ini, berbagai kandungan alami dari seperti ekstrak bunga dan tumbuh-tumbuhan telah banyak digunakan. Misalnya saja minyak Neem atau biasa dikenal dengan minyak Mimba.


Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan Neem atau mimba, meski begitu, ekstrak tumbuhan yang satu ini sebenarnya sudah banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Minyak dari neem atau mimba ini berasal dari biji tumbuhan tersebut yang memiliki banyak manfaat tidak hanya bagi kulit namun juga untuk kesehatan.

Tanaman mimba ini banyak dijumpai di daerah India dan Asia Selatan. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Azadirachta indica A. Juss ini mengandung berbagai nutrisi kandungan baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, seperti asam lemak, limonoid, vitamin E, trigliserida, antioksidan, dan kalsium. Berikut adalah beberapa manfaat neem atau mimba untuk kesehatan kulit.

Atasi Jerawat

Tanaman herbal yang satu ini memiliki sifat antibakteri yang mampu mengatasi bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan atau kemerahan.

Atasi Komedo

Penggunaan masker yang berasal dari tumbuhan neem dapat mengurangi komedo membandel. Neem mask bekerja sebagai agen eksfoliasi untuk mengeluarkan kotoran dan mengencangkan pori-pori.

Melembapkan Kulit

Manfaat neem selanjutnya adalah mampu membantu membuat kulit Anda jauh lebih lembap. Neem atau mimba memiliki kandungan asam lemak esensial dan vitamin E yang dapat membuat kulit lebih terhidrasi serta mampu memperbaiki tekstur kulit.

Melawan Tanda Penuaan

Neem atau mimba kaya akan antioksidan dan memiliki kandungan vitamin E serta melembapkan yang mampu mengatasi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus serta bintik hitam dan kerutan.