Mengenal Nato, Makanan Viral dari Jepang yang Miliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
29 June 2022

Nato, makanan fermentasi kedelai yang berasal dari Jepang dan tengah viral di media sosial.


Akhir-akhir ini ketika membuka sosial media, Anda tentu sering menjumpai video #natochallenge. Nato memang menjadi viral dan pupoler belakangan ini. Bentuk dan baunya yang khas membuat banyak orang penasaran untuk mencicipi makanan khas Jepang yang satu ini.

Nato sendiri merupakan makanan fermentasi yang berasal dari kedelai layaknya tempe. Nato biasanya disantap bersama nasi, kecap asin, daun bawang, mustard, hingga telur mentah. Akan tetapi, teksturnya yang lengket dan berlendir, membuat banyak orang merasa jijik ketika mengonsumsi makanan ini.

Diolah secara tradisional, proses pembuatan nato ini pun terbilang unik. Kedelai rebus dibungkus di dalam jerami padi yang mengandung bakteri bacillus subtilis pada permukaannya. Proses tersebutlah yang memecah protein menjadi asam glutamat dan membuat tekstur nato menjadi berlendir serta menghasilkan bau menyengat.

Meski begitu, nato ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena nato menghasilkan enzim nattokinase saat proses fermentasi. Enzim nattokinase tersebut diketahui memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Dilansir dari Alodokter, inilah beberapa manfaat yang Anda dapatkan dengan mengonsumsi nato.

- Menyehatkan Saluran Pencernaan
- Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
- Meningkatkan Kesehatan Tulang
- Memelihara Kesehatan dan Fungsi Otak
- Menjaga Kesehatan Jantung
- Menurunkan Berat Badan
- Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker