Share
Mengenal Manfaat Tranexamic Acid, Bahan Aktif Pencerah Kulit Serta Batas Aman Penggunaannya 
Friska Putri Aryananta
14 October 2024

Tranexamic Acid memang semakin populer belakangan ini, karena klaimnya yang dapat mencerahkan kulit dan membantu mengatasi hiperpigmentasi, namun meskipun begitu tetaplah penting bagi kita untuk memahami manfaat & batas aman penggunaannya!


Tranexamic Acid pada awalnya merupakan obat yang digunakan untuk menghentikan pendarahan dengan menghambat plasmin, namun seiring berjalannya waktu dalam dunia dermatologi, Tranexamic Acid telah terbukti efektif dalam menangani masalah hiperpigmentasi, seperti melasma, bintik hitam, dan bekas jerawat

Tranexamic Acid merupakan turunan sintetis dari asam amino lisin, yang berfungsi untuk menghambat aktivitas enzim yang disebut plasmin, namun dalam beberapa tahun terakhir, senyawa ini mulai digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifatnya yang dapat menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Jadi, meskipun asal mula Tranexamic Acid ditemukan dalam dunia medis, kini penggunaanya telah meluas ke industri kosmetik dan perawatan kulit karena memiliki segudang manfaat, berikut adalah manfaat utama Tranexamic Acid pada kulit wajah.

Manfaat Tranexamic Acid

Mengatasi Hiperpigmentasi

Tranexamic Acid bekerja dengan cara menghambat produksi melanin pada kulit, sehingga efektif dalam mengurangi munculnya bintik hitam dan pigmentasi. Senyawa ini bisa dijadikan opsi ideal untuk orang yang ingin mencerahkan kulit atau mengurangi tanda-tanda penuaan.

Mencerahkan Kulit Wajah

Penggunaan Tranexamic Acid secara rutin dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit secara keseluruhan, karena kandungan ini membantu mengurangi produksi melanin berlebih, menjadikannya tampak lebih merata dan bersinar.

Mengurangi Bekas Jerawat

Bekas jerawat yang gelap juga dapat diatasi dengan penggunaan Tranexamic Acid karena kandungan ini dapat membantu mengurangi perubahan warna kulit yang diakibatkan oleh peradangan.

Membantu Mengatasi Melasma

Melasma adalah kondisi kulit yang ditandai dengan bercak-bercak gelap di wajah, biasanya dipicu oleh sinar UV dan perubahan hormonal. Tranexamic Acid dapat mengurangi produksi melanin yang berlebihan dan membantu meringankan gejala melasma.

Melembabkan Kulit Wajah

Senyawa Tranexamic Acid atau Asam Traneksamat tidak hanya ampuh dalam mencerahkan kulit, namun juga dapat memberikan kelembaban pada kulit wajah. Kandungan ini telah dibuktikan secara ilmiah dalam memberikan efek kelembaban pada wajah.

Batas Aman Tranexamic Acid

Berapakah Persentase Batas Aman Penggunaan Tranexamic Acid?

Batas persentase yang dianjurkan dalam penggunaan Tranexamic Acid pada kosmetik atau perawatan kulit adalah 1-3%, namun perlu diingat sensitivitas kulit setiap orang berbeda-beda, jadi penting untuk memulai penggunaan produk dengan konsentrasi rendah dan secara perlahan-lahan dapat ditingkatkan persentase penggunaannya.