Mengenal Manfaat Retinol, Bahan Aktif pada Skincare yang Mampu Samarkan Tanda Penuaan
Clara Enocensia
07 January 2022

Salah satu manfaat retinol yang paling populer adalah membuat wajah tampak awet muda, mari kenali lebih jauh beragam manfaat lainnya.


Retinol merupakan salah satu kandungan yang banyak dijumpai dalam skincare. Salah satu manfaat retinol yang paling populer adalah membuat wajah tampak awet muda. Zat yang merupakan turunan vitamin A ini memang dikenal efektif untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Tak hanya itu, retinol juga memiliki beragam manfaat lain untuk kulit wajah. Mari simak ulasan berikut untuk mengenal lebih jauh beragam manfaat retinol.

1. Efektif dalam menghilangkan jerawat

Para dokter sering kali meresepkan obat atau produk skincare mengandung retinol untuk mengatasi jerawat dengan tingkat keparahan ringan hingga sedang. Hal ini disebabkan oleh retinol yang mampu membuka pori-pori sehingga kulit mampu menyerap obat jerawat dengan baik.

Selain itu, retinoid juga mencegah jerawat muncul kembali dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih dan meredakan peradangan pada kulit. Dengan begitu, tidak terjadi penyumbatan pori-pori yang merupakan awal terbentuknya jerawat.

2. Memperbaiki tekstur kulit

Retinol memiliki molekul yang kecil sehingga dapat masuk ke bawah lapisan epidermis. Saat berada di lapisan tengah kulit, retinol akan memberikan efek pengelupasan, sehingga baik untuk proses regenerasi kulit. Dengan demikian, lapisan kulit baru yang teksturnya lebih lembut dapat terbentuk.

3. Mencegah dan Menyamarkan Penuaan Dini

Salah satu manfaat utama dari retinol adalah untuk mencegah serta menyamarkan tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus. Retinol akan menstimulasi regenerasi sel kulit di wajah. Selain itu, retinol akan membantu wajah jadi tampak lebih cerah dan tekstur kulitnya pun akan jadi lebih rata.

4. Menghilangkan milia

Milia adalah benjolan-benjolan kecil yang biasanya tumbuh di sekitar hidung, dahi, dan kelopak mata. Benjolan-benjolan ini sering kali sulit dihilangkan sehingga diperlukan obat untuk membasminya.

Anda bisa menghilangkan milia dengan menggunakan serum retinoid, khususnya dari jenis tretinoin. Senyawa ini membantu mengikis milia dan mencegah pertumbuhan benjolan-benjolan baru sehingga tekstur kulit menjadi lebih rata.