Mengenal Manfaat Essence serta Cara Tepat Pemakaiannya
Clara Enocensia
18 April 2022

Inilah beragam manfaat essence mulai dari melembapkan wajah hingga memperlambat penuaan dini. Anda bisa memakai essence setelah cuci muka dan pakai toner, atau sebelum pakai serum wajah.


Essence adalah produk skincare yang berfungsi untuk melembapkan kulit yang teksturnya lebih kental. Pada dasarnya essence adalah produk perawatan kulit yang memiliki konsentrasi bahan aktif yang cukup tinggi dengan tekstur cair dan ringan.

Essence memiliki peran utama untuk menyiapkan kulit agar lebih mudah menyerap produk skin care lainnya. Sehingga, penggunaan essence bisa membantu memaksimalkan manfaat serum, face oil, pelembap, atau masker wajah. Mari simak ulasan berikut mengenai beragam manfaat essence lainnya.

1. Menyeimbangan pH kulit wajah

Kulit wajah memiliki tingkat keasaman atau pH alami sekitar 4,7–5,5. Kadar pH yang tidak seimbang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi mudah rusak dan iritasi, biasanya sebabkan oleh penggunaan make up, sabun berbahan zat antibakteri, serta paparan sinar matahari berlebihan.

Untuk mencegah kerusakan kulit wajah dan menyeimbangkan pH-nya, cobalah rutin menggunakan essence. Essence biasanya memiliki pH yang menyerupai pH kulit normal, sehingga lebih aman dan bisa mengurangi risiko terjadinya iritasi di kulit wajah.

2. Membantu penyerapan produk skincare lainnya

Manfaat essence yang tak kalah penting adalah membantu mempersiapkan kulit wajah agar dapat menyerap produk skincare lain secara efektif.
Produk skincare lainnya yang dimaksud adalah serum wajah, pelembap, dan krim wajah.

3. Melindungi skin barier dari kerusakan

Skin barier merupakan lapisan kulit terluar yang berperan untuk melindungi kulit dari kerusakan, misalnya paparan polusi, zat kimia, atau kuman. Semakin tipis skin barrier, kulit wajah akan semakin rentan terkena masalah, misalnya kulit kering, jerawat, perubahan warna kulit, hingga iritasi. Nutrisi yang terkandung pada essence berperan dengan baik untuk melindungi skin barrier.