Share
Ketahui Manfaat Kandungan Cuka Apel yang Baik untuk Kulit Wajah
Dewi Anggriani Siregar
18 October 2023

Anda tentu sudah tidak asing dengan manfaat cuka apel dalam dunia kecantikan. Beberapa tahun ke belakang, cuka apel bahkan menjadi salah satu kandungan yang sempat digandrungi oleh banyak orang bahkan hingga saat ini.


Cuka apel atau cider vinegar adalah sejenis cuka yang terbuat dari sari apel dan ia memiliki warna yang sedikit pucat, hasil dari sari apel tersebut kemudian ditambahkan bakteri dan jamur hingga terfermentasi. Tidak hanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, cuka apel juga memiliki kandungan yang baik untuk kecantikan seperti perawatan kulit. Cuka apel ini juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak seperti pektin, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B6, biotin, asam folat, asam pantotenat niasin, dan vitamin C.

CUKA APEL 1

Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk kulit, penggunaan cuka apel untuk wajah tetap harus diperhatikan dan disesuaikan dengan jenis kulit sebab cuka apel mengandung asam hidroksi alfa (AHA) yang merupakan eksfoliator kimia. Berikut adalah beberapa manfaat cuka apel untuk kulit wajah dilansir dari berbagai sumber.

Mengatasi Jerawat

Cuka apel dapat bekerja sebagai zat alami yang mampu mencegah bakteri penyebab jerawat serta mengembalikan pH kulit dan meningkatkan perlindungan terhadap bakteri agar tidak muncul kembali.

Mengatasi Noda Hitam Bekas Jerawat dan Hiperpigmentasi

Kandungan asam asetat pada cuka apel bisa membantu meratakan warna kulit secara alami. Selain itu, cuka apel mengandung asam suksinat yang dapat membantu proses pengelupasan kulit mati. Senyawa ini dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Kandungan asam alfa hidroksil yang terdapat di dalam cuka apel juga baik untuk membantu mengangkat sel kulit mati di wajah Anda dan membuka sel kulit baru sehingga kulit wajah akan tampak lebih mulus dan sehat.