Mengenal Kandungan Shea Butter yang Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit
Dewi Anggriani Siregar
05 July 2022

Ada banyak kandungan dalam produk kulit yang dapat menutrisi kulit Anda dengan baik. Salah satunya adalah, shea butter.


Shea butter adalah salah satu kandungan favorit dalam body butter yang cukup digandrungi. Shea butter memiliki kandungan vitamin A, E, dan F yang baik untuk kulit. Shea butter sendiri merupakan lemak yang diekstrak dari kacang pohon shea yang banyak ditemui di benua Afrika.

Shea memiliki warna gading yang akan berubah menjadi warna putih setelah melewati proses pengolahan. Proses pengolahan shea butter sendiri adalah dengan dihancurkan, dibakar, dan digiling hingga halus dan memiliki tekstur seperti krim. Berikut adalah beberapa manfaat dari shea butter yang wajib Anda ketahui.

Melembapkan Kulit

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa manfaat utama dari shea butter adalah melembapkan dan mampu melembutkan kulit Anda. Terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering.

Sebagai Tabir Surya

Selain melembapkan, shea butter ternyata mengandung SPF yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meski begitu, Anda tetap harus menggunakan sunblock untuk perlindungan ekstra kulit Anda.

Menunda Penuaan Dini

Kandungan triterpen di dalam shea butter mampu mempertahankan dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat membantu mencegah dan menyamarkan garis-garis halus atau kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan dini.

Mengurangi Stretch Mark

Karena mampu melembapkan dan mengembalikan elastisitas kulit, shea butter dengan kandungan vitamin A dan E di dalamnya mampu membantu memudarkan stretch mark, bekas luka, hingga keloid.

Infeksi Kulit

Selain beragam manfaat yang telah disebutkan di atas, shea butter juga memiliki sifat antiradang yang mampu membantu mengurangi kemerahan, luka bakar, infeksi jamur, dan berbagai penyakit kulit lainnya.