Share
Mengenal Jenis Sunscreen dan Manfaatnya Bagi Kulit Wajah
Dewi Anggriani Siregar
30 March 2022

Sinar matahari memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Namun sinar matahari juga menjadi penyebab terbesar bagi timbulnya masalah kulit.


Selain sunburn, sinar matahari juga dapat memberikan dampak buruk bagi kulit seperti penuaan dini, kerutan, ruam merah, kulit kusam, flek hitam, bahkan resiko kesehatan jangka panjang seperti kanker kulit.

Seringkali kita enggan menggunakan sunscreen karena sedang tidak melakukan aktivitas di luar ruangan. Padahal meskipun berada di rumah, sinar matahari tetap ada dan mampu masuk melalui celah-celah ruangan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV. Salah satunya adalah dengan menggunakan sunscreen. Sunscreen dapat melindungi kulit Anda sunscreen adalah produk perawatan kulit yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB. Berdasarkan penggunaan bahannya, sunscreen dikategorikan menjadi 2 jenis.

1. Phsyical Sunscreen

Jenis sunscreen yang biasa disebut sunblock ini mengandung bahan aktif seperti zinc oxide dan titanium dioxide. Physical sunscreen memiliki tekstur yang padat, kental dan meninggalkan white cast pada kulit. Namun jangan khawatir, white cast ini tidak akan menyumbat pori-pori.

2. Chemical Sunscreen

Mengandung beberapa bahan aktif seperti cinnamates, octisalate, ovybenzone, dioxybenzone. Diformulasikan dengan kandungan yang berbeda dengan physical sunscreen, jenis sunscreen ini memilliki tekstur yang jauh lebih ringan dan tidak meninggalkan white cast, namun lebih rentan menyumbat pori-pori.