Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mengenal Jenis-Jenis Yoga serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Wellness24 January 2022

By Clara Enocensia

Mengenal Jenis-Jenis Yoga serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Bagi Anda yang baru saja ingin memulai yoga, Anda wajib menyimak jenis-jenis yoga berikut ini beserta manfaatnya.


Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang peminatnya terus bertambah dalam beberapa tahun belakangan ini. Dalam sejarahnya, jenis olahraga yang berasal dari India ini telah hadir sejak lima sampai seribu tahun yang lalu. Saat melakukan gerakan yoga, Anda akan melakukan serangkaian latihan fisik, pernapasan, relaksasi, serta meditasi.

Berbagai manfaat yoga telah banyak dirasakan selama berabad-abad oleh berbagai kalangan. Yoga juga semakin berkembang berkat pengaruh dari beragam kebudayaan. Hasilnya, terciptalah macam-macam gerakan yoga yang populer seperti berikut ini.

1. Yoga Bikram

Yoga bikram merupakan jenis yoga yang terdiri dari dua rangkaian pernapasan dan 26 gerakan. Namun, hal yang unik dari yoga bikram adalah harus dilakukan di ruangan panas dengan suhu kurang lebih 40,6 derajat Celsius dan kelembaban sekitar 40%. Bagi Anda yang ingin membakar kalori lebih banyak, jenis yoga bikram adalah pilihan yang tepat.

2. Yoga Hatha

Hatha yoga cocok untuk Anda yang baru saja mulai mencoba kelas yoga, karena melakukan latihan Hatha yoga akan membuat Anda lebih bisa mengenali postur dasar dan mengenali nama-nama dari pose atau gerakan yoga lebih mudah. Terlebih karena tempo yang tenang, Anda juga bisa mendalami setiap pose yoga dengan lebih baik.

3. Yoga Ashtanga

Yoga Ashtanga merupakan salah satu jenis yoga yang terbilang cukup menantang, sebab 6 seri postur yoga atau yang biasa dikenal dengan Ashtanga series pada dasarnya merupakan sinkronisasi pernapasan serta gerakan-gerakan yang tujuannya untuk membersihkan tubuh.

Jenis yoga Ashtanga sangat cocok bagi Anda yang memiliki tubuh yang atletis dan gemar berolahraga namun tidak direkomendasikan untuk kamu yang memiliki otot dan sendi yang lemah.

4. Yoga Kundalini

Akar dari yoga kundalini adalah Chakra, yang berfokus pada kerja inti dan napas. Tujuannya untuk membuka pikiran dan membuat Anda lebih sadar akan pikiran dan tubuh. Kelas ini tidak hanya mengejar olah fisik, tetapi juga olah mental.