Share
Mengenal Jenis-Jenis Es Krim yang Berasal dari Berbagai Belahan Dunia
Clara Enocensia
11 November 2021

Es krim merupakan kuliner beku yang sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan menjadi salah satu kudapan yang pasti ada disetiap negara yang ada didunia.


Hampir semua orang baik tua maupun muda, menyukai kudapan yang memiliki tekstur lembut, dingin, dan manis ini. Varian rasa yang bermacam-macam, membuat es krim dapat dinikmati oleh semua kalangan di belahan dunia manapun. Tidak heran, beberapa negara mempunyai varian es krim yang khas, bahkan bisa saja hanya ditemukan di negara tersebut. Mari simak ulasan mengenai jenis-jenis es krim yang ada di berbagai negara.

1. Gelato

Gelato merupakan es krim khas dari Italia. Sekilas, tampilan gelato yang bertekstur lembut hampir tak dapat dibedakan dengan dengan es krim pada umumnya. Tapi bila dirasakan lebih dalam, gelato memiliki tekstur yang lebih padat dan creamy dibanding es krim yang lainnya. Selain itu, kandungan lemak susu di dalam gelato juga lebih sedikit, sehingga membuat es krim jenis ini mudah meleleh bila terkena panas.

2. I Tim Pad

Es krim bernama I Tim Pad ini dapat Anda temukan di berbagai sudut jalan di Thailand. Es krim ini memiliki bentuk khas yang bulat dan tipis sebab dikikis saat pembuatannya. Paling cocok disantap sambil menyusuri sudut kota di Thailand dengan cuacanya yang mirip dengan negara kita ini. Variasi rasanya pun banyak dan tentunya lezat.

3. Dondurma

Es krim dondurma memiliki tekstur yang sangat elastis hingga dapat dibentuk menjadi berbagai macam bentuk. Hal ini membuat dondurma berbeda dengan es krim pada umumnya. Rahasia dari tekstur es krim yang elastis ini terletak pada salep yang merupakan salah satu bahan pembuatan es krim. Salep sendiri adalah tepung yang terbuat dari akar bunga anggrek ungu dan mastic, yaitu getah yang memberi tekstur kenyal pada es krim.