Share
Mengenal Heartleaf dalam Skincare, Kandungan Hits Korea yang Kaya Manfaat
Yuswialdyth Ardelia Almira
08 February 2023

Salah satu kandungan dalam skincare Korea yang populer karena manfaatnya bagi kulit adalah Heartleaf. Selain kaya akan antioksidan, Tanaman yang memiliki nama ilmiah Houttuynia Cordata ini juga berperan sebagai anti inflammatory.


Korea Selatan selalu menjadi negara terdepan dengan kemajuan perawatan kulitnya. Bahan yang digunakan untuk perawatan kulit negeri ginseng ini selalu memberikan perubahan signifikan untuk kulit seperti ginseng, snail mucin, hingga mugwort. Dan salah satu bahan skincare yang menjadi topik perbincangan hangat sejak awal populer tahun 2021 dan tetap berkembang sampai tahun 2023 ini adalah Heartleaf.

Dilansir dari Axis-y, Heartleaf atau Houttuynia Cordata, biasa disebut juga dengan fish leaf atau tanaman chameleon. Heartleaf berasal dari Asia Tenggara dan umumnya digunakan untuk medis bahkan bahan dalam makanan Asia. Dalam makanan asli China dan India, heartleaf dimakan untuk penyembuhan karena bahan antioksidan dan anti-inflammatory yang terkandung. Flavonoids adalah sumber dari adanya antioksidan dan anti-inflamasi dari Heartleaf.

Selain sifat antioksidan dan anti-inflamasi, heartleaf adalah humektan yang mana zat yang berfungsi untuk menarik air ke lapisan kulit yang menciptakan kelembaban di kulit. Hal ini membuat heartleaf sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan skincare seperti moisturizer. Dalam penggunaanya, tanaman ini merupakan bahan yang efektif untuk semua jenis kulit.

Berikut adalah beberapa manfaat heartleaf yang dilansir dari beberapa sumber,

Tinggi Antioksidan

Sebagai tanaman dengan antioksidan, penggunaan skincare dengan bahan Heartleaf secara berkala juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, menjaga kulit tetap kencang dan kenyal, dan menenangkan kulit.

Membantu Meredakan Peradangan

Sifat antibakteri dari Houttuynia Cordata juga bisa membantu penyembuhan peradangan seperti jerawat hingga eczema. Oleh karena itu, bahan ini cocok digunakan untuk kulit acne-prone dan kulit sensitif.

Mencerahkan Kulit

Selain itu, sifat antioksidan yang tinggi dalam heartleaf juga berguna untuk mencerahkan kulit dengan mencegah atau menunda pigmentasi.