Share
Mengenal Granola dan Berbagai Manfaatnya Bagi Tubuh
Hamidah Khansa Sabila
03 January 2023

Tak hanya lezat, makanan yang terkandung dari oat, kacang almond, kacang walnut, chia seeds hingga buah kering ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.


Granola adalah camilan sehat kaya akan serat yang biasanya dikonsumsi sebagai sarapan pagi atau camilan sehari-hari. Granola kaya akan serat dan lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh.

Granola mengandung zat besi, vitamin D, folat dan seng yang membuatnya cocok untuk dikonsumsi sebagai menu ketika diet atau camilan sehari hari yang tidak memiliki efek samping buruk. Dilansir dari WebMD, berikut adalah manfaat dari mengkonsumsi granola bagi tubuh.

Memperbaiki Tekanan Darah

Menurut studi, granola dapat mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi granola dan makanan-makanan biji-bijian seperti biji rami (flaxseeds), buah buahan dan sayuran dapat mengurangi obat obatan yang dikonsumsi.

Menurunkan Berat Badan

Granola adalah makanan yang kaya akan serat. Ketika mengkonsumsi makanan kaya serat, tubuh akan merasa kenyang lebih lama, sehingga asupan makanan berkurang namun tubuh tetap sehat.

Mengurangi Level Kolesterol

Granola dapat mengurangi level kolesterol karena adanya senyawa bernama beta-glucan yang telah terbukti dapat mengurangi LDL atau “kolesterol jahat” yang menyumbat pembuluh darah.