Share
Mengenal Glutathione serta Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan
Dewi Anggriani Siregar
07 March 2024

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kandungan glutathione. Meski sering mendengar nama kandungan tersebut, mungkin masih banyak yang belum mengetahui manfaat dari glutathione.


Glutathione adalah antioksidan yang diproduksi sendiri oleh tubuh dan memiliki peran besar dalam melindungi sebagian besar fungsi tubuh. Glutathione terbentuk dari tiga jenis asam amino, yaitu L-cysteine, glycine, dan L-glutamine. Seperti yang kita ketahui bahwa antiokasidan memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

GLUTATHIONE

Meski terdapat di dalam tubuh, kandungan glutathione ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan serta suplemen vitamin C tinggi yang dapat berperan dalam menjaga kadar glutathione. Antioksidan dapat diperoleh dari makanan, seperti daging sapi, ikan, ayam, brokoli, kembang kol, selada, sawi, alpukat, kacang almond, tomat, sawi, kangkung, atau asparagus. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat glutathione untuk yang wajib Anda ketahui.

GLUTATHIONE

Mencerahkan Kulit

Karena kaya akan antioksidan, glutathione memiliki manfaat yang baik untuk membantu mencerahkan kulit. Hal ini dapat terjadi karena glutathione dapat menghambat aktivitas enzim tirosinase yang memengaruhi kadar melanin kulit dan mampu membuat warna kulit menjadi lebih cerah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh

Tidak hanya untuk kecantikan, glutathione juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan salah satunya adalah menjaga daya tahan tubuh dan memperkuatnya. Glutathione maningkatkan jumlah sel-sel kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam infeksi virus serta peradangan.

Meningkatkan Fungsi Insulin

Manfaat kesehatan lain dari glutathione adalah mampu membantu meningkatkan fungsi insulin dan mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Kesehatan Mata

Glutathione juga baik untuk membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini disebabkan karena glutathione dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan oksidatif dan radikal bebas.