Share
Mengenal Glutathione dan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit
Dewi Anggriani Siregar
19 October 2023

Glutathione seringkali dijadikan sebagai bahan produk perawatan kulit. Glutathione adalah suatu jenis antioksidan yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh.


Glutathione dapat berperan dalam melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh dan memiliki efek antimelanogenesis yang mana ia mampu menghambat pembentukan pigmen melanin. Glutathione terbentuk dari tiga asam amino, yakni sistein, glisin, dan glutamine. Jenis antioksidan ini diproduksi oleh tubuh di dalam organ hati. Namun kandungan glutathione juga bisa diperoleh dari suplemen, suntikan, krim, serta inhalasi. Berikut adalah beberapa manfaat glutathione dilansir dari berbagai sumber.

Glutathione

Menangkal Radikal Bebas

Glutathione memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan serta mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan serta kerutan pada wajah.

Mencerahkan Kulit

Manfaat lain dari glutathione yang tentu sudah tidak asing di telinga Anda adalah dapat mencerahkan warna kulit. Glutathione bekerja dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase, yaitu enzim yang memengaruhi kadar melanin di kulit, sehingga warna kulit menjadi lebih cerah.

Membantu Regenerasi Kulit

Glutathione juga mampu membantu proses regenerasi kulit sehingga lebih maksimal dan kulit menjadi jauh lebih mulus dan sehat.