Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mengenal Gaya Hidup Minimalis, Praktik Gaya Hidup Sederhana yang Bikin Bahagia

Wellness10 March 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Mengenal Gaya Hidup Minimalis, Praktik Gaya Hidup Sederhana yang Bikin Bahagia

Menerapkan gaya hidup minimalis dapat membantu menghindarkan Anda dari gaya hidup konsumtif bahkan membantu mengatur finansial Anda menjadi lebih baik dan membuat hidup lebih bahagia.


Seringkali kita beranggapan bahwa memiliki banyak pilihan terhadap barang yang akan kita kenakan sangatlah menyenangkan. Baju, misalnya. Kita bisa bergonta-ganti pakaian setiap hari dengan model dan warna yang beragam serta berbeda-beda. Begitu juga dengan sepatu, tas, dan barang-barang kebutuhan lainnya. Padahal, terkadang barang-barang yang kita beli belum tentu terjamah dan terpakai sepenuhnya. Dibutakan oleh rasa kalap, tanpa sadar kita membeli semua barang-barang dari yang dibutuhkan sampai yang paling tidak dibutuhkan sama sekali.

Tidak ada salahnya mulai membiasakan untuk hidup dengan barang yang sedikit atau sesederhana mungkin. Hal ini justru mampu memberikan banyak kebaikan terhadap hidup Anda. Mungkin Anda bisa melakukan gaya hidup minimalis.

Gaya hidup minimalis adalah praktik gaya hidup sederhana. Gaya hidup ini akan membantu menghindarkan Anda dari gaya hidup konsumtif. Selain itu, melakukan gaya hidup minimalis juga bisa memberi dampak positif terhadap masalah finansial.

Tidak hanya itu, gaya hidup minimalis juga bisa membuat hidup dan fikiran Anda jauh lebih bahagia sebab tidak perlu sumpek melihat barang-barang memenuhi setiap sudut ruangan Anda. Anda juga akan lebih memiliki tujuan hidup yang jelas dan lebih fokus.

Lalu bagaimana cara mengimplementasikan gaya hidup minimalis dalam kehidupan sehari-hari? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memulainya.

1. Mengutamakan Kualitas Barang Ketimbang Kuantitas

Membeli barang berkualitas tinggi mampu membuat Anda menghemat barang dan uang dalam jangka panjang. Selain itu Anda juga bisa membantu mengurangi limbah dari barang-barang tersebut. Membeli barang dengan kualitas tinggi mungkin membutuhkan biaya yang mahal, namun akan bermanfaat di masa depan.

2. Rawat Semua Barang yang Anda Miliki

Jangan malas untuk merawat semua barang-barang sekecil apapun yang Anda miliki. Merawat barang akan membantu memperpanjang umur barang. Lakukan perawatan secara rutin untuk semua benda dan barang yang sering kamu gunakan sehari-hari seperti barang-barang elektronik, sepatu, tas, baju, buku, dll.

3. Membeli Barang-Barang dengan Warna Netral

Biasakan untuk membeli barang dengan warna-warna yang tidak terlalu mencolok, seperti baju. Anda bisa membeli beberapa baju hitam dan putih yang dapat secara mudah dikombinasikan dengan bahan dan bawahan atau style apapun. Memilih warna-warna netral ini akan membantu Anda bisa tetap tampil modis dengan padanan busana yang bervariasi.

4. Hanya Membeli Barang yang Anda Butuhkan

Terapkan prinsip mengganti, bukan menambah. Beli barang-barang yang memang Anda butuhkan saja. Membeli barang terus menerus dapat menumpuk barang dan lama kelamaan hanya akan membuat barang tersebut rusak karena tidak terpakai. Anda bisa menerapkan prinsip mengganti barang, bukan menambah.