Mengenal Era Y2K dalam Dunia Fashion dan Kembali ke Era Tahun 2000-an!
Irma Luthfiya
25 April 2022

Era Y2K adalah julukan untuk dekade setelah tahun 2000. Nama ini dimulai pada akhir 90-an, berkat meningkatnya popularitas internet dan ledakan teknologi di seluruh dunia.


Tidakkah Anda hanya berharap bisa kembali ke masa lalu? Nah, fashion futuristik dan pecinta teknologi dari akhir 90-an dan awal 2000-an kembali untuk putaran kedua. Gaya khas ini merupakan perpaduan budaya pop dan kemajuan teknologi dari milenium. Mulai dari bug Y2K pada tahun 1999 hingga peluncuran boneka Bratz pada tahun 2001, terdapat banyak pengaruh nostalgia yang hadir di masa ini.

Apa itu Estetika Y2K?

Estetika Y2K sangat khas dan terinspirasi oleh pertengahan 90-an dan awal 2000-an ketika internet menjadi lebih populer atau di mana dunia sedang booming dengan istilah dot-com. Gaya ini biasanya cukup futuristik dengan sedikit sentuhan retro. Pada masa ini Anda akan sering melihat bahan mengkilap, sepatu chunky, rok lipit, tas baguette, dan kacamata hitam berwarna-warni pada gaya fashion yang berkembang di masa itu.

Dengan puncak besar dalam kemajuan teknologi, para penonton optimis namun juga berhati-hati tentang masa depan karena bagaimana hal itu dapat mengubah hidup kita. Pengaruh ini juga datang melalui perubahan dalam dunia musik, film, dekorasi, dan, tentu saja, mode. Beberapa pengaruh terbesar era ini termasuk dibawakan juga oleh beberapa tokoh, seperti Carrie Bradshaw, Bratz Dolls, dan juga yang tampil dalam beberapa film seperti The Matrix dan Mean Girls.

Mengapa Y2K Estetika Kembali Lagi di Era Modern?

Tidak mengherankan ketika kita melihat tren mode terbesar dari lingkaran dekade terakhir kembali dengan pandangan baru. Awal 2000-an yang sangat eksperimental, dan dipadukan dengan Gen Z dan Milenial yang juga ikut menyambut nostalgia era tersebut, hanya masalah waktu saja sebelum gaya itu kembali. Beberapa bagian penting dari estetika Y2K yang biasanya sering kita lihat seperti jeans wide-leg, jaket mengkilap, kaos bayi, dan baju olahraga velour.