Share
Mengenal Daun Sambiloto dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Dewi Anggriani Siregar
07 October 2022

Anda mungkin pernah mendengan nama daun sambiloto. Daun ini merupakan tanaman herbal yang dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.


Meski mungkin masih banyak yang belum mengetahui keberadaan daun ajaib yang satu ini. Sambiloto merupakan salah satu daun yang sudah lama dipergunakan sebagai obat tradisional karena mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Memiliki nama latin (Andrographis paniculata), daun sambiloto memiliki kandungan zat aktif andrografolida yang memiliki sifat antiradang, antibaketeri dan antivirus. Tanaman ini berasal dari negara yang terdapat di Asia Selatan, seperti India dan Sri Lanka.

Sambiloto memiliki daun tunggal bertangkai pendek dengan letak berhadapan bersilang, bentuk lanset, pangkal runcing, ujung meruncing, tepi rata, dan permukaan atas yang berwarna hijau tua. Meski memiliki rasa yang pahit, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi daun sambiloto, dilansir dari Halodoc.

Mengatasi Flu

Daun sambiloto dipercaya bisa mengatasi pilek yang disebabkan oleh flu. Hal ini dikerenakan daun sambiloto mampu merangsang kekebalan imun tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Chinese Medical Journal, daun sambiloto dinilai mampu mencegah pembentukan gumpalan dan penyempitan pembuluh darah.

Mencegah Diabetes

Sebuah penelitian pada hewan yang ditulis dalam Indian Journal of Pharmacology menunjukkan bahwa daun sambiloto mampu menurunkan kadar glukosa, trigliserida, dan kolesterol pada seekor tikus yang telah diberikan asupan lemak dan gula tinggi.

Menyembuhkan Infeksi

Daun sambiloto memiliki sifat antibakteri yang dapat membantumu mengatasi infeksi bakteri yang sedang kamu alami. Penyakit sakit tenggorokan menjadi salah satu infeksi bakteri pada tenggorokan yang bisa diatasi dengan daun sambiloto.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daun sambiloto dinilai efektif dalam mengatasi gangguan pencernaan. Salah satu penyakit pencernaan yang bisa diatasi dengan daun sambiloto adalah kolitis ulseratif.