Mengenal Daun Mint, Daun Sejuta Kegunaan dan Manfaatnya Bagi Tubuh
Hamidah Khansa Sabila
09 November 2022

Telusuri daun mint, selain memiliki rasa dan wangi yang menenangkan, daun mint juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh.


Siapa yang tidak kenal dengan daun mint? Daun mungil dengan sejuta manfaat ini dapat ditemukan dimana kita memandang. Sabun-sabunan, pasta gigi, parfum, hingga makanan hanyalah beberapa contoh kegunaan mint di kehidupan sehari-hari.

Daun mint (latin: mentha) adalah daun herba dari keluarga Lamiaceae. Tanaman ini dapat tumbuh di cuaca hangat di bawah sinar matahari. Rasanya yang segar, manis dan dingin adalah ciri khas mint yang membuatnya digemari khalayak.

Tak hanya memiliki kegunaan di kehidupan sehari-hari, mint juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh seperti yang dilansir dari Medical News Today berikut:

Sebagai Sumber Nutrisi Tubuh

Daun mint mengandung berbagai zat-zat dan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti potassium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C dan vitamin A.

Meredakan Alergi

Menurut studi, daun mint mengandung antioksidan dan zat anti peradangan yang disebut sebagai asam rosmanirik yang terbukti dapat meredakan gejala asma.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun mint biasa digunakan untuk meredakan masalah pencernaan. Peppermint oil dapat mengurangi sakit perut dan mengatasi iritasi usus tanpa efek samping.