Mengenal Daun Eucalyptus dan Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh
Dewi Anggriani Siregar
15 June 2022

Beberapa orang mungkin sudah tidak asing lagi mendengar nama daun yang satu ini.


Meski banyak diekstrak sebagai minyak yang memiliki beragam manfaat, namun mungkin masih banyak yang belum tau bagaimana wujud asli dari daun eucalyptus ini.
Jika biasanya Anda hanya mengonsumsi daun eucalyptus dalam keadaan telah diolah dan berbentuk oil, berikut ini adalah penjelasan mengenai daun eucalyptus hingga segudang manfaat yang terkandung di dalamnya.

Eucalyptus

Eucalyptus merupakan nama ilmiah dari tanaman eukaliptus. Tanaman yang berasal dari Australia ini juga dapat ditemui dengan mudah di daerah Papua Nugini hingga Filipina. Daun yang berasal dari tanaman eucalyptus globulus ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tanaman ini memiliki kulit kayu yang bergetah serta batang yang panjang dengan bentuk daun yang sedikit melingkar. Minyak yang dihasilkan dari daun eucalyptus ini adalah minyak atsiri. Agar mendapatkan minyak esensialnya, daun eucalyptus harus dihancurkan terlebih dahulu, kemudian dikeringkan dan setelah itu melewati proses penyulingan untuk mendapatkan ekstraknya.

Eeucalyptus juga memiliki kandungan lain yakni flavonoid dan tanin. Flavonoid merupakan antioksidan nabati, sementara tanin adalah antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan. Selain itu, daun eucalyptus juga mengandung eucalyptol.

Manfaat Daun Eucalyptus

Daun eucalyptus memiliki segudang manfaat salah satunya adalah sebagai bahan antimikroba serta mengatasi gejala flu dan masalah pernapasan, meredakan batuk dan berguna sebagai dekongestan. Daun eucalyptus juga mampu membantu merangsang sistem kekebalan tubuh serta mengatasi sakit kepala. Selain itu, eucalyptus juga dapat digunakan sebagai pengobatan luar seperti mengobati bengkak akibat gigitan serangga, nyeri, serta mengobati luka dan mencegah infeksi.