Mengenal Cottagecore Aesthetic Tren, Inspirasi Fashion dari Abad ke-18
Irma Luthfiya
28 April 2022

Estetika Cottagecore bukanlah merupakan sebuah gaya baru. Inspirasi gaya ini berasal dari abad ke-18 dan telah mengambil beberapa bagian dari setiap abad untuk menyempurnakan gaya secara keseluruhan.


Tidak ada yang lebih baik daripada menikmati hari yang cerah di taman, membaca buku, menjahit, atau membuat roti. Tren TikTok ini merupakan interpretasi modern dari kehidupan sederhana di pedesaan Eropa. Dengan inspirasi yang berasal dari abad ke-18, gaya halus dan sangat feminin ini telah menjadi salah satu estetika paling populer saat ini.

Gaya ini biasanya menampilkan palet warna naturalistik dengan mengutip banyak inspirasi mode dari periode Regency dan Edwardian, terutama dalam kain dan siluetnya. Namun, itu tidak sepenuhnya tanpa kritik. Beberapa orang mencela pandangan yang berkiblat pada gaya kehidupan pertanian tradisional, gaya eurosentris, dan romantisasi zaman kolonial.

Apa itu Cottagecore Aesthetic?

Mode Cottagecore menyerupai kombinasi elemen abad ke-18, Victoria, dan awal abad ke-20. Ini termasuk juga gaun musim semi yang muncul di akhir abad ke-18 dengan bentuk lengan kaki kambing dari era Edwardian, serta sentuhan akhir dari art nouveau.

Elemen penting lainnya dari tren estetika ini adalah lokasi tempat berkembangnya tren ini, yaitu di pertanian atau di pedesaan Inggris atau Prancis. Kerinduan untuk berada di lingkungan yang alami dan mandiri menginspirasi pakaian menjadi halus, mengalir, dan sederhana.

Hal ini juga berlaku untuk palet warna, di mana Anda akan sering menemukan warna pudar, motif kotak-kotak lembut, atau krim. Pada dasarnya, Anda ingin terlihat apa adanya seperti Anda baru saja keluar dari lukisan John Constable.

Cottagecore Aesthetic Fashion Style

Estetika ini mencakup serat, warna, dan pola alami, untuk memberikan kesan bahwa Anda tinggal di pedesaan Eropa. Untuk menciptakan tampilan ini, Anda dapat memilih gaun, rok, dan blus dalam nuansa terang seperti kulit telur, posy, atau sampanye, yang dipadukan dengan kain renda, muslin, atau pudar.

Pilihan motif populer untuk bulan yang lebih dingin yaitu motif gingham. Pada musim ini Anda juga dapat mencoba warna yang lebih gelap seperti khaki, umber, atau steel, yang terlihat bagus dengan blus lengan mengembang.

Anda juga dapat memilih topi jerami saat Anda berada di luar, dan tidak lupa menambahkan aksen pita untuk menciptakan nuansa awal abad ke-20. Anda juga dapat menambahkan beberapa sepatu Mary Jane atau sepatu bot Victoria dan jaga riasan Anda tetap segar dan alami untuk sentuhan akhir.