Share
Mengenal Centella Asiatica, Bahan Dasar Skincare yang Kaya akan Manfaat bagi Kecantikan
Clara Enocensia
21 October 2021

Centella asiatica, bahan dasar skincare yang sedang naik daun sebab mengandung banyak manfaat bagi kesehatan kulit.


Centella asiatica mungkin sudah terdengar familiar bagi Anda para pecinta skincare, sebab tanaman ini kerap menjadi bahan dasar pembuatan skincare. Tanaman ini tubuh subur di daerah tropis dan berasal dari kawasan Asia Tenggara, serta telah menjadi ramuan obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit sejak berabad-abad silam. Selain itu, daun centella memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kulit karena kandungan triterpenoid yang ada di dalamnya. Mari simak apa saja manfaat centella asiatica saat digunakan sebagai skincare.

1. Mengurangi peradangan

Salah satu masalah kulit yang paling umum adalah masalah peradangan, seperti psoriasis dan dermatitis. Masalah kulit ini biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan pada kulit. Centella asiatica yang memiliki kandungan saponin yang tinggi, membuatnya memiliki sifat menenangkan dan menyembuhkan luka pada kulit. Ekstrak daun yang dijadikan cairan ini, mampu mengurangi peradangan pada kulit dan telah dibuktikan oleh berbagai penelitian.

2. Anti Aging

Centella asiatica sering ditemukan pada skincare yang ditujukan untuk mencegah penuaan. Hal ini karena tanaman yang satu ini memiliki kandungan Flavonoid dan senyawa Madecassodie yang berfungsi sebagai antioksidan yang membantu untuk menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dari paparan sinar matahari dan polusi. Tak hanya itu, senyawa tersebut juga meningkatkan sirkulasi darah dan sintesis kolagen serta jaringan kulit agar tetap awet muda.

3. Melembapkan kulit

Tanaman yang kerap diolah menjadi skincare ini juga dapat berfungsi sebagai pelembap kulit. Beberapa kandungannya, seperti beta-karoten dan fitokimia, sangat baik untuk menjaga kulit tetap ternutrisi dan terhidrasi. Kulit kasar dan iritasi dapat diatasi dengan penggunaan rutin skincare dengan bahan dasar centella asiatica. Maka dari itu, pastikan pemakaian skincare setiap hari agar kulit tetap halus dan sehat.