Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mengenal Carina Joe, Ilmuwan Indonesia di Balik Keberhasilan Tim Oxford AstraZeneca

Profile02 November 2021

By Clara Enocensia

Mengenal Carina Joe, Ilmuwan Indonesia di Balik Keberhasilan Tim Oxford AstraZeneca

Carina Joe, ilmuwan Indonesia yang akan mewakili timnya dalam menerima penghargaan Pride of Britain di London pada akhir pekan ini.


Ilmuwan kebanggaan tanah air, Carina Citra Dewi Joe, merupakan salah satu figur di tim manufaktur yang sukses memproduksi vaksin yang paling banyak didistribusikan di dunia, Oxford AstraZeneca. Ia pun mewakili timnya dalam menerima penghargaan Pride of Britain di London pada akhir pekan ini. Penghargaan ini merupakan salah satu dari sejumlah penghargaan yang telah diterima tim vaksin Universitas Oxford sejauh ini.

Ketua tim manufaktur, Dr Sandy Douglas mengatakan bahwa formula yang ditemukan Carina menjadi landasan produksi besar vaksin Oxford AstraZeneca. Selain memiliki jangkauan paling luas, vaksin ini dapat diproduksi dengan harga yang semurah mungkin.Tim manufaktur tersebut merayakan pencapaiannya pada akhir September lalu dengan jamuan makan malam yang turut dihadiri oleh para ilmuwan serta perwakilan laboratorium Oxford.

Carina sendiri menyatakan kegembiraannya atas pencapaian dan merasa masih harus banyak belajar dari para seniornya. Hal ini ia sampaikan ketika ditemui di Laboratorium Jenner Insitute. Carina menceritakan pengalamannya dalam memproduksi vaksin tersebut, ia menyatakan bahwa ia hampir menyerah dua kali karena tekanan yang begitu besar, tanpa tahu pasti, apakah vaksin akan berhasil dikembangkan atau gagal. Carina sendiri baru bergabung dengan tim Sandy pada Agustus 2019 dan memulai eksperimennya pada sekitar akhir September. Sandy mengatakan dalam diskusinya dengan salah seorang kolega bahwa Carina adalah peneliti paska doktoral yang paling penting di dunia. Pekerjaannya sangat fantastis dan sangat penting.