Share
Mengenal Capsule Wardrobe dan Langkah - langkah Membuatnya
Yuswialdyth Ardelia Almira
06 March 2023

Sering bingung harus berpakaian apa hari ini? Merasa tidak punya cukup baju untuk digunakan sehari-hari? Mungkin Anda harus mencoba melengkapi Capsule Wardrobe.


Apa itu Capsule Wardrobe?

Capsule wardrobe atau yang bisa disebut juga sebagai lemari kapsul adalah kondisi dimana lemari Anda memiliki jenis pakaian yang saling terhubung satu sama lain, biasanya terdiri dari pakaian yang klasik atau timeless, berisikan warna-warna netral. Lemari kapsul dapat memberikan berbagai jenis outfit yang melengkapi satu sama lain tanpa harus merasa kekurangan pakaian. Lemari kapsul sendiri dapat terdiri dari 30 sampai 50 pakaian yang terdiri dari atasan, bawahan, outerwear, dress, sepatu, dan aksesoris yang mudah dipadupadankan.

Mengapa harus memiliki Capsule Wardrobe?

1. Menghemat Waktu

Apabila anda memiliki lemari kapsul, Anda akan menghemat banyak waktu untuk memilih pakaian. Terlebih lagi saat belanja, Anda tidak akan membeli barang yang bukan termasuk dalam basic clothes untuk menunjang lemari kapsul tersebut.

2. Lebih Sustainable

Lemari kapsul tentunya sangat menguntungkan karena lebih sustainable. Pakaian timeless yang Anda miliki bisa digunakan untuk waktu yang lama, dan yang pastinya tidak akan ketinggalan zaman. Tipe pakaian fast-fashion harus dihindari karena jangka waktunya yang sebentar dan tidak akan bertahan lama.

3. Menghemat Biaya

Biaya yang Anda keluarkan untuk membangun sebuah lemari kapsul pastinya lebih sedikit karena pakaiannya bisa melengkapi satu sama lain, dan itu adalah keuntungan yang besar karena Anda tidak akan membeli pakaian yang hanya dapat dipakai sekali.

Bagaimana Langkah Membuat Capsule Wardrobe?

1. Ketahui Style Anda

Cara pertama untuk membangun lemari kapsul adalah dengan mengetahui style apa yang biasa Anda gunakan. Seperti apa baju yang biasa Anda gunakan dan pakaian apa yang biasanya hanya tersimpan di lemari. Perhatikan setiap pakaian dan tanyakan, kapan terakhir kali Anda memakainya? Apabila pakaian tersebut sudah lama tersimpan di lemari, mungkin pakaian tersebut bukan pakaian yang tepat untuk dimasukkan ke lemari kapsul Anda.

Ketika Anda selesai menganalisis pakaian Anda, lihatlah pakaian jenis apa yang sering Anda gunakan, dengan begitu Anda akan mengetahui bagaimana style Anda, warna yang sesuai dengan Anda, dan juga material pakaian apa yang sesuai.

2. Pilih Pakaian Apa yang Akan Anda Masukkan

Setelah anda mengerti bagaimana style Anda, Anda dapat mulai menyiapkan pakaian macam apa yang akan dimasukkan dalam lemari kapsul. Agar lebih personal, Anda tidak harus mengikuti rules yang ada dan dapat mengikuti kebiasaan style Anda. Anda bisa memilih tema warna outfit yang dengan mudah dipadu padankan seperti neutral, nude, cream, brown, navy, black, dan sebagainya.

3. Mulai Membuat Lemari Kapsul

Nah, setelah sudah selesai memilih pakaian apa saja yang akan Anda masukkan dalam lemari kapsul, simpanlah baju yang tidak akan Anda gunakan. Nantinya pakaian-pakaian itu bisa Anda jual secara preloved atau mendonasikan pakaian tersebut agar tidak menjadi sampah.

Jangan lupakan untuk menggunakan style favorit anda, menggunakan pakaian basic yang dapat disambungkan dengan pakaian lain. Beberapa pakaian yang perlu untuk dimiliki seperti kaos berwarna netral, celana hitam, celana jeans, cardigan, blazer, dan juga dress hitam. Atasan dengan motif yang timeless seperti stripes juga bisa menjadi pilihan. Hindari penggunaan pakaian trendy karena akan style trend cepat berubah. Dan terakhir, tambahkan aksesoris tambahan untuk menunjang penampilan Anda, seperti jewelry, topi, dan juga sepatu.

Berikut adalah contoh lemari kapsul yang bisa Anda contoh.

Mudah bukan? Lemari kapsul ini akan membuat hidup Anda lebih mudah dan mengurangi stress dalam memilih pakaian yang akan Anda kenakan. Tunggu apa lagi?