Share
Mengenal Bunga Camellia, Si Cantik yang Miliki Segudang Manfaat untuk Kulit
Dewi Anggriani Siregar
09 February 2023

Selain indah, bunga merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Saat ini juga sudah banyak ragam produk skincare ataupun produk kesehatan yang terbuat dari ekstrak bunga. Contohnya saja bunga Camellia.


Genus tumbuhan berbunga dalam keluarga Theaceae ini memiliki banyak warna dengan bentuk dan rupa yang sangat menwan. Namun siapa sangka, di balik keindahannya, bunga camellia juga menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah kesehatan kulit dan kecantikan. Berikut adalah beberapa manfaat dari bunga camellia dilansir dari berbagai sumber.

Melembapkan dan Mencerahkan Kulit

Bunga camellia mengandung asam oleat dalam minyak Camellia yang bermanfaat melembapkan kulit serta membuatnya terasa lebih halus dan lembut.

Melawan Tanda-tanda Penuaan

Bunga camellia memiliki kandungan yang mampu merangsang produksi kolagen. Seperti yang kita ketahui, kolagen merupakan salah satu kandungan penting yang baik untuk kulit. Kolagen mampu membantu meremajakan kulit dan menghilangkan garis laut akibat tanda-tanda penuaan.

Menangkal Radikal Bebas

Bunga camellia juga mampu menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol dan asam galat yang dapat bekerja sebagai antioksidan alami dari bunga camellia.

Menyehatkan Rambut

Manfaat bunga camellia lainnya adalah mampu membantu merawat dan menyehatkan rambut. Menggunakan ekstrak bunga camellia mampu membantu menutrisi folikel rambut serta membantu permasalahan rambut kering dan ketombe serta.