Share
Mengenal Bunga Calendula, Si Cantik yang Miliki Segudang Manfaat untuk Kulit Wajah
Dewi Anggriani Siregar
03 April 2023

Saat ini beragam produk kecantikan telah banyak menggunakan ekstrak tumbuh-tumbuhan seperti bunga sebagai salah satu kandungannya. Misalnya saja calendula.


Siapa sangka, bunga cantik yang berasal dari Eropa Selatan ini menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Memiliki warna oren keemasan dengan bau dan aroma segar yang khas, bunga marigold (Calendula officinalis) ini juga digunakan sebagai pengobatan herbal dan tradisional.

Tidak hanya dipercaya sebagai pengobatan herbal dan tradisional, calelendula juga memiliki manfaat untuk kulit dan kecantikan, berikut adalah beberapa manfaat dari ekstrak bunga calendula dilansir dari berbagai sumber.

Anti-inflamasi

Bunga calendula memiliki sifat anti-inflamasi yang mengandung flavonoid, saponin, dan triterpenoid bunga calendula. Kandungan ini sangat baik untuk mencegah pelepasan histamin tubuh dan membantu meredakan peradangan seperti kemerahan, nyeri, alergi, pembengkakan.

Menutrisi Kulit Kering

Calendula memiliki sifat yang mampu menenangkan kulit dan mengatasi gejala eksim, dermatitis dan sejenisnya. Calendula mampu membantu agar kulit tetap terhidrasi sehingga mampu menutrisi kulit kering.

Sebagai Tabir Surya

Manfaat yang satu ini cukup unik. Bunga calendula ternyata memiliki kandungan yang mampu berfungsi sebagai tabir surya dan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Dikutip dari Halodoc.com, Menurut studi laboratorium dalam Journal of Young Pharmacists menemukan, minyak calendula memiliki sifat SPF sebagai campuran krim. Hasil penelitian ini menunjukkan, krim minyak calendula (calendula oil cream) dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi UV dalam bentuk krim tabir surya.

Atasi Breakout dan Jerawat

Jika Anda memiliki kondisi kulit berjerawat, calendula mungkin bisa menjadi salah satu kandungan skincare yang wajib Anda pertimbangkan. Sifat anti-mikroba di dalam calendula membuatnya menjadi astringen yang kuat untuk melawan bakteri penyebab jerawat yang mengganggu.

Bantu Penyembuhan Luka

Manfaat bunga calendula untuk kulit yang selanjutnya adalah mampu mempercepat proses penyembuhan jaringan luka. Ekstrak calendula mampu membantu merangsang protein untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk memperbaiki pertumbuhan jaringan kulit baru.