Share
Mengenal Buah Matoa yang Miliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
19 October 2022

Matoa, buah yang satu ini masih termasuk dalam keluarga leci dan kelengkeng. Buah yang berasal dari Papua ini sering digunakan sebagai obat tradisional karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Memiliki bentuk yang bulat lonjong seperti telur puyuh, buah matoa sekilas nampak seperti buah pinang. Buah dengan nama latin Pometia Pinnata ini memiliki rasa yang manis, aroma yang harum, serta daging buah yang tebal dan mudah terlepas dari bijinya.

Dikutip dari Alo Dokter, Manfaat buah matoa diduga kuat berasal dari banyaknya kandungan senyawa polifenol, meliputi asam fenolat, flavonoid, tanin, saponin, dan alkaloid yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Buah matoa memiliki rasa yang khas dan unik layaknya perpaduan antara kelengkeng, durian, dan rambutan. Selain rasa yang khas, buah matoa kaya akan senyawa polifenol yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah matoa yang wajib Anda ketahui.

Meningkatkan Imun

Buah matoa memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Semua buah yang memiliki kandungan vitamin C dapat membantu meningkatkan imun tubuh, termasuk buah matoa.

Melancarkan Pencernaan

Buah matoa memiliki kandungan antioksidan yang mampu meningkatkan jumlah bakteri atau probiotik serta mencegah pertumbuhan bakteri jahat di usus sehingga mampu membantu melancarkan pencernaan.

Menurunkan Tekanan Darah

Biji dan daun dari buah matoa mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dikutih dari Hello Sehat, buah matoa mengandung zat yang bersifat diuretik, yaitu meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Bila tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan (termasuk dari pembuluh darah), tekanan darah akan berangsur menurun.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan di dalam buah matoa mampu melawan radikal bebas berlebih yang menyebabkan kerusakan jaringan serta sel dalam tubuh yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.