Mengenal Body Butter dan Manfaat serta Perbedaannya dengan Body Lotion
Dewi Anggriani Siregar
01 July 2022

Terdapat banyak jenis produk yang digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satunya adalah body butter dan body lotion.


Memiliki tekstur dan kandungan yang sama-sama dapat melembapkan, tentu masih banyak yang belum mengetahui bahwa keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut adalah perbedaan antara body butter dan body lotion.

Body Butter dan Body Lotion

Body butter memiliki tekstur yang lebih kental dari body lotion. Hal ini dikarenakan tidak adanya kandungan air pada body butter. Terbuat dari berbagai minyak esensial dan butter, produk yang satu ini biasanya mengandung shea butter, cocoa butter, atau minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak jojoba.

Jika body butter memiliki tekstur yang lebih pada seperti mentega, body lotion memiliki tekstur yang jauh lebih cair karena terbuat dari campuran emulsi dari air dan minyak. Body lotion memiliki kandungan air yang tinggi serta baik untuk kulit yang kering.

Body butter dan body lotiuon memiliki kandungan yang sama baik untuk kulit tubuh Anda. Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis kebutuhan kulit masing-masing. Dilansir dari Alodokter, salah satu manfaat dari body butter adalah melindungi kulit dengan cara menciptakan lapisan penghalang antara permukaan kulit dan lingkungan luar. Penghalang tersebut mengunci kelembapan kulit serta melindunginya dari kotoran, kuman, dan faktor-faktor lain penyebab kerusakan.