Share
Mengenal Bika Ambon, Jajanan Khas Medan yang Lezat dan Melegenda
Dewi Anggriani Siregar
21 March 2023

Jika mendengar nama Bika Ambon, Anda tentu akan mengira bahwa kue yang satu ini berasal dari Ambon. Namun, siapa sangka bahwa penganan lezat ini ternyata merupakan salah satu makanan khas Medan, Sumatera Utara.


Bika Ambon biasa tersaji dalam bentuk potongan persegi. Termasuk dalam satu jenis kue basah, Bika Ambon memiliki aroma dan cita rasa yang kuat. Rasa manis yang khas dan lezat serta teksturnya yang lembut berongga memberikan sensasi tersendiri saat menyantap jajanan kebangaan masyarakat Medan ini.

Dikutip dari laman resmi pariwisata.pemkomedan.go.id, nama Bika terinspirasi dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka yang kemudian dimodifikasi dengan menambahkan pengembang dari bahan Nira atau tuak Enau agar dan menjadi berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu tersebut. Bika Ambon nampaknya mulai beradaptasi mengikuti laju zamannya. Seiring berkembangnya zaman, Bika Ambon tidak lagi hanya berwarna kuning. Terdapat berbagai varian warna serta rasa pandan, durian, keju, cokelat.

Sementara untuk asal usul akhiran “Ambon” belum diketahui secara pasti sebab terdapat banyak versi. Salah satunya mengatakan nama Bika Ambon berasal dari bahasa kiasan Medan yakni “ambon” yang berarti lembut. Ada pula yang menyebutkan bahwa nama Bika Ambon dikarenakan tempat pertama kali dijual dan popularnya Bika Ambon adalah di simpang Jl. Ambon Sei Kera Medan.